ADVERTISEMENT

Ini Dia, Tiga Jenis Proses Penuaan

- wolipop Senin, 08 Mar 2010 14:20 WIB
Jakarta - Selama ini Anda mungkin berpikir penuaan hanya sekedar timbulnya keriput dan rambut putih saja. Namun sebenarnya ada tiga jenis penuaan yang perlu Anda ketahui.

Penuaan adalah hal yang pasti dan tidak bisa kita cegah. Alih-alih lari dari kenyataan, lebih baik pelajari apa saja jenis-jenis penuaan tersebut.

Penuaan Fisik

Penuaan ini paling mudah ditelusuri. Kulit keriput dan rambut memutih adalah salah satu cirinya. Untuk menghadapinya, gunakan aneka perawatan anti aging yang tersedia di pasaran. Anda bisa menyamarkan keriput-keriput dan kulit yang mengering saat tua. Operasi plastik bukan jalan keluar yang terbaik. Dengan perawatan maksimal, Anda tetap bisa tampil cantik sesuai umur.

Penuaan Biologis

Penuaan biologis adalah mulai menurunnya seluruh sistem tubuh. Mulai dari sistem otak, pencernaan, pernapasan, hingga reproduksi. Yang harus kita lakukan untuk menghadapinya adalah memulai gaya hidup sehat. Memakan makanan yang sehat akan membantu sistem pencernaan untuk bekerja lebih baik dan maksimal.

Tidak merokok akan membuat sistem pernapasan kuat dan tidak rapuh sehingga siap menghadapi proses penuaan. Melakukan permainan yang mengasah otak, seperti teka-teki silang, dan sudoku juga bisa membantu otak menghadapi proses penuaan. Masih banyak lagi gaya hidup yang sehat yang bisa Anda lakukan demi masa tua yang sehat.

Penuaan Psikologis
Banyak orang yang memiliki sikap berbeda saat mereka menjadi tua. Post power syndrome, merasa tidak dihargai bahkan depresi sering kali melanda. Menghindari hal tersebut, mulailah berpikir positif. Syukuri segala hal yang Anda miliki serta jalani. Selalu yakin bahwa hidup yang Anda jalani sangat indah.

(kee/kee)