12 Cara Agar Rambut Cepat Panjang

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 26 Feb 2020 11:39 WIB
cat rambut Cara Agar Rambut Cepat Panjang / Foto: dok.hairstylecamp
Jakarta -

Rambut adalah mahkota bagi tiap wanita. Namun bagaimana jika kamu melakukan kesalahan pada rambutmu dan membuatmu jadi tidak percaya diri? Misalnya saja jika kamu memotong rambut, namun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan keinginanmu. Kamu merasa rambutmu justru menjadi terlalu pendek dan rasanya ingin melakukan berbagai cara agar rambut cepat panjang. Untuk membantumu melakukannya, berikut ini tips cara agar rambut cepat panjang:

Lakukan Penucian Rambut dengan Tepat

Cara agar rambut cepat panjang yang pertama adalah dengan mengubah caramu mencuci rambut. Hal ini mungkin terdengar sepele namun bisa berdampak cukup signifikan utuk rambutmu. Beberapa faktor seperti seberapa sering kamu mencuci rambut dan suhu air yang kamu gunakan untuk mencuci rambut sangat penting untuk diperhatikan.

Jika kamu ingin memanjangkan rambutmu dengan cepat maka kamu tidak disarankan untuk mencuci rambut terlalu sering. Hal ini dikarenakan mencuci rambut terlalu sering dan dengan menggunakan air hangat akan membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering. Rambut akan menjadi rusak dan tidak akan cepat tumbuh. Untuk menyiasatinya, kamu cukup mencuci rambut tidak lebih dari tiga kali seminggu dan gunakan air dingin saat melakukannya. Pada awalnya kamu mungkin tidak akan merasa nyaman karena rambut akan terlihat sedikit berminyak. Namun setelahnya kulit kepalamu akan menyesuaikannya.

Keringkan Rambut dengan Lembut

Cara agar rambut cepat panjang yang kedua adalah dengan mengeringkan rambut secara perlahan dan lembut. Kamu tidak perlu mengeringkan rambut dengan kasar menggunakan handuk. Jika menginginkan rambutmu cepat panjang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat rambutmu basah.

Setelah keramas, keringkan rambutmu secara perlahan dengan menggunakan handuk microfiber atau kaos dan biarkan mengering dengan sendirinya. Selain itu jangan menyisir rambut selagi masih basah. Hal itu karena rambut yang basah lebih mudah rusak dibandingkan rambut yang kering. Jika rambutmu terasa sangat kering, maka kamu juga bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas setelahnya. Cara agar rambut cepat panjang ini cukup efektif dan dapat menjaga keindahan rambutmu.

Hindari Penggunaan Hair Styling

12 Cara Agar Rambut Cepat PanjangCara Agar Rambut Cepat Panjang. Foto: Thinkstock

Cara agar rambut cepat panjang yang ketiga adalah dengan menghindari berbagai macam produk-produk hair styling, seperti hair dryer dan catokan. Seperti yang diketahui, hair dryer dan catokan bisa mengeluarkan suhu panas yang dapat merusak rambut. Jika rambutmu rusak maka kamu harus memotongnya agar lebih pendek.

Oleh karena itu jika kamu menginginkan rambut cepat panjang dan tidak ingin memotong rambutmu menjadi lebih pendek maka kamu perlu menghindari penggunaan alat-alat tersebut. Namun jika kamu terpaksa harus menggunakannya, maka pastikan kamu menggunakan alat-alat tersebut saat rambutmu sudah 80% hingga 90% kering.

Jangan Gunakan Ikat Rambut

Cara agar rambut cepat panjang yang keempat adalah dengan menghindari penggunaan ikat rambut. Tidak semua ikat rambut diciptakan dengan cara yang sama. Beberapa karet rambut justru dapat menimbulkan ketegangan dan kerusakan pada rambut.

Jika kamu benar-benar ingin mengikat rambutmu maka gunakanlah kain tanpa lipatan atau pita koil. Pastikan kamu tidak menggunakan karet gelang karena karet gelang sangat berbahaya bagi rambut. Karet gelang dapat merusak dan mencabut rambut, serta mencegah pertumbuhan.

Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Mendukung

12 Cara Agar Rambut Cepat PanjangCara Agar Rambut Cepat Panjang. Foto: shutterstock

Cara agar rambut cepat panjang yang kelima adalah dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang mendukung. Saat ini ada berbagai macam jenis shampo dan kondisioner di pasaran yang dapat kamu pilih. Kamu bisa memilih produk yang menawarkan nutrisi kombo, untuk menghidrasi dan juga memperkuat rambut. Semakin kuat rambut maka akan semakin sedikit kemungkinan rambut untuk patah dan rusak. Hal tersebut akan mempercepat pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih panjang.

Lakukan Perawatan di Salon

Cara agar rambut cepat panjang yang keenam adalah dengan melakukan perawatan-perawatan di salon. Kamu bisa memilih perawatan yang dapat menembus kulit kepala dan membantu merangsang folikel rambut. Sambil melakukan perawatan di salon, kamu juga bisa menambahkan penggunaan serum yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Selain rambut akan cepat panjang, rambut juga akan terasa lebih tebal jika kamu rutin melakukannya.

Banyak Konsumsi Vitamin D

Cara agar rambut cepat panjang yang ketujuh adalah dengan banyak mengonsumsi vitamin D. Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang mendorong produksi kalsium dalam tubuh, pertumbuhan kembali sel-sel yang rusak, termasuk yang ada di kulit kepala. Cara agar rambut cepat panjang ini cukup efektif bagi kamu yang menginginkan rambut lebih panjang dalam waktu singkat.

Makan-makanan Sehat

12 Cara Agar Rambut Cepat PanjangCara Agar Rambut Cepat Panjang. Foto: Thinkstock

Cara agar rambut cepat panjang yang kedelapan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Jangan pernah lupa bahwa kamu adalah apa yang kamu makan. Jika kamu mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan serta menghindari makanan-makanan cepat saji. Dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat, termasuk rambut dan kulit. Mengonsumsi makanan-makanan sehat akan membuat rambut lebih cepat panjang dan tidak kering.

Rutin Gunakan Masker Rambut

Cara agar rambut cepat panjang yang kesembilan adalah dengan menggunakan masker rambut setiap dua minggu sekali. Masker rambut akan membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan pada rambut dan mengembalikan kelembapan rambut. Setelah menggunakan masker rambut, rambut pasti akan terasa lebih halus, lembut, dan berkilau.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker rambut, seperti minya almond, minyak kelapa ataubahan-bahan alami lainnya. Namun jika kamu menginginkan yang lebih praktis, maka kamu bisa dengan mudah membeli masker rambut yang banyak tersedia di toko-toko perbelanjaan.

Gunakan Minyak Zaitun

Cara agar rambut cepat panjang yang kesepuluh adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Selain terkenal dapat merawat kulit, kandungan dalam minyak zaitun juga dapat menyuburkan rambut dan membuatnya lebih cepat panjang. Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskannya pada kulit kepada sambil memijatnya. Kemudian diamkan semalaman, lalu bilas dengan air hangat keesokan paginya. Jika kamu melakukannya secara rutin maka bukan tidak mungkin rambutmu akan terlihat lebih panjang hanya dalam dua hari saja.

Gunakan Lidah Buaya

12 Cara Agar Rambut Cepat PanjangCara Agar Rambut Cepat Panjang. Foto: iStock

Cara agar rambut cepat panjang yang kesebelas adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya juga dikenal memiliki kandungan yang cukup ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala sambil memijatnya. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, kamu perlu melakukannya dengan rutin. Lidah buaya akan membuat rambutmu lebih cepat panjang.

Kendalikan Stres

Cara agar rambut cepat panjang yang terakhir adalah dengan mengendalikan perasaan stres yang mungkin kamu alami. Jika kamu merasa stres dan tidak dapat mengendalikannya maka itu akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan rambutmu. Untuk mengendalikan stress, kamu bisa mencoba mengikuti kelas yoga atau melakukan aktivitas-aktivitas yang kamu sukai. Cobalah untuk selalu berusaha melakukan segalanya dengan santai.

Itulah 12 cara agar rambut cepat panjang. Cara mana yang ingin kamu coba?



Simak Video "Ini Biaya Punya Rambut Panjang Ala Jennifer Lopez"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)