ADVERTISEMENT

Hari Valentine, Orang Thailand Diimbau Pakai Masker saat Kencan dan Bercinta

Hestianingsih - wolipop Senin, 14 Feb 2022 17:32 WIB
A happy Japanese couple is hugging each other in the street at night. Ilustrasi Hari Valentine. Foto: Getty Images/recep-bg
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat Hari Valentine dirayakan secara berbeda. Pemerintah Thailand memberikan imbauan khusus kepada para warganya dalam merayakan hari kasih sayang untuk mencegah penularan virus Corona.

Kementerian Kesehatan Thailand mengimbau pasangan yang merayakan Valentine agar mematuhi protokol kesehatan. Termasuk ketika berhubungan seks di Hari Valentine dan memakai perlindungan ekstra dengan memakai masker.

Seperti diberitakan Straits Times, Hari Valentine memang jadi perhatian khusus pemerintah Thailand, seiring dengan semakin bertambahnya kasus positif COVID-19 di Negeri Gajah Putih. Mereka khawatir budaya merayakan hari kasih sayang dapat memperparah penularan yang belum juga melandai sejak ditemukannya varian baru Omicron.

"COVID-19 bukanlah penyakit menular seksual, tapi orang bisa saja tertular virus melalui kontak dekat saat bernapas dan pertukaran air liur (berciuman). Jika memungkinkan, pakai masker saat berhubungan seks bisa bantu mengurangi risiko penularan COVID-19," ujar Direktur Thailand Bureau of Reproductive Health Bunyarit Sukrat.

Bunyarit juga menyarankan agar pasangan melakukan tes antigen terlebih dahulu sebelum kencan. Warga Thailand juga diimbau menghindari posisi seks 'saling berhadapan' dan french kiss saat bercinta.

Imbauan ini diberikan pemerintah Thailand karena Hari Valentine merupakan perayaan yang cukup populer di negeri kelahiran Lisa BLACKPINK tersebut. Banyak pula pasangan yang memilih menikah di Hari Valentine.

Sering kali terjadi antrean panjang di kantor catatan sipil karena banyaknya pasangan yang ingin mendaftarkan pernikahan mereka, khususnya di distrik Bang Rak di Bangkok. Area ini bahkan dijuluki sebagai 'Distrik Cinta' di Thailand.



Simak Video "Serba-serbi Sejarah Hari Valentine 14 Februari"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)