Dear Jomblo, Cari Jodoh di Jepang Semudah Beli Barang, Lewat Vending Machine

Hestianingsih - wolipop Senin, 03 Jan 2022 19:30 WIB
Vending machine cari jodoh di Jepang Foto: Twitter/@kumonnojuza
Jakarta -

Mencari jodoh kini semudah 'membeli barang' di vending machine. Alih-alih aplikasi kencan seperti Tinder atau OK Cupid, orang di Jepang bisa mendapatkan kekasih lewat mesin penjual.

Jepang memang inovator terdepan untuk urusan vending machine. Hampir semua produk bisa dibeli lewat mesin penjual otomatis tersebut, mulai dari makanan hingga kosmetik.

Vending machine cari jodoh di JepangVending machine cari jodoh di Jepang. Foto: Twitter/@kumonnojuza

Kini mencari jodoh pun bisa dilakukan dengan vending machine. Seperti diberitakan SoraNews24, mesin tersebut menyediakan deretan kaleng dengan warna-warna berbeda berdasarkan gender dan foto serta profil pasangan potensial yang terpampang pada label di depannya.

Dengan membayar seharga 3.000 yen atau sekitar Rp 372 ribu, pembeli akan mendapatkan satu buah kaleng beserta informasi tentang mak comblang yang bisa membantu mendapatkan jodoh.

"Saya adalah penasihat Ishikawa. Ada seorang wanita berusia 27 tahun yang ingin menikah. Maukah kamu bertemu dengannya? Saya akan membantu Anda," demikian pesan itu ditulis.

Vending machine cari jodoh di JepangVending machine cari jodoh di Jepang. Foto: Twitter/@kumonnojuza

Setelah membeli kaleng 'jodoh' melalui vending machine, pelanggan harus menjalani wawancara selama satu jam dan mengikuti sesi pengarahan bersama mak comblang sebelum mereka diperbolehkan bertemu calon jodoh. Kemudian mak comblang akan mengatur kencan makan malam selama tiga jam yang harus dibayar sendiri oleh pembeli beserta biaya tambahan sebesar 9.000 yen atau Rp 1,1 jutaan untuk jasa layanan.

Jika misi menjodohkan ini sukses sampai keduanya menikah, akan ada tagihan lagi sebesar 300 ribu yen atau sekitar Rp 37,2 juta, sebagai kompensasi pembayaran kesuksesan pernikahan'. Jadi seorang lajang, baik itu wanita maupun pria, perlu merogoh kocek hingga total Rp 38,6 jutaan untuk mendapatkan seorang jodoh.



Simak Video "KuTips: Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)