e-Life

Penelitian Ungkap Beda Umur Ideal Calon Manten Adalah 3 Tahun

dtv - wolipop Selasa, 16 Nov 2021 17:30 WIB
Jakarta -

Jarak usia dengan pasangan seringkali jadi problema dalam hubungan. Lantas, adakah jarak usia 'ideal' demi mewujudkan hubungan romantis yang sehat?

Menurut Psikolog Klinis, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, Psikolog, terdapat penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa jarak usia yang ideal dalam sebuah hubungan adalah 3 tahun.

"Pernah ada penelitian dari Amerika menunjukkan ideal itu 3 tahun karena mungkin sepertinya masih dianggapnya masih seumuran, dan laki-lakinya lebih tua jadi dianggapnya lebih dewasa gitu ya," ujar Rosdiana dalam acara e-Life detikcom.

Namun, Rosdiana menekankan bahwa sebenarnya hubungan yang ideal bukan hanya diukur dari seberapa selisih usianya. Melainkan dari bagaimana kedua karakter pasangan tersebut bisa saling menjaga dan berusaha mempertahankan hubungannya.

"Balik lagi ke personality seseorang. Kalau kita nggak bisa merubah orang lain, tapi pasti kita bisa mengubah diri kita sendiri. Pada saat kita merasa bahwa si pasangan kita ini adalah orang yang tepat buat kita dan kita ingin membuat hubungan itu menjadi lebih baik, nah maka kita pastinya akan berubah," lanjut Rosdiana.

Rosdiana juga menggarisbawahi bahwa menjalani hubungan harus memiliki tujuan yang sama sehingga bisa menciptakan hubungan yang sehat. Dan hal itu harus dilakukan dengan bersama-sama sehingga tujuan dalam hubungannya dapat tercapai.

"Dan kalau menurut saya sebetulnya goal kita berpasangan itu tuh harusnya itu dimana kita berkembang untuk saling mendukung untuk menjadi orang yang lebih baik," tegasnya.

(gah/gah)