Liputan Khusus Percintaan Zaman Now

Ini Indikator Hubungan Sehat dan 3 Cara Atasi Cinta yang Memudar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 05 Jul 2021 15:00 WIB
Sad young married couple embracing standing in living room opposite window at home. Sorrowful wife and husband feels unhappy, thinking about problems in relations, miscarriage, misbirth or infertility Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes.
Jakarta -

Pada saat baru mulai menjalin hubungan, tentu saja kamu akan mengalami rasa yang menggebu-gebu. Akan tetapi seiring berjalanannya waktu, perasaan tersebut bisa saja memudar.

Atau kamu sedang merasa hubunganmu tidak baik-baik saja. Karena kerap berselisih dengan pasanganmu, yang membuat hati menjadi terluka. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Wolipop mewawancarai Kei Savourie Founder & Relationship Coach, Kelascinta untuk membahas cara mengatasi cinta yang memudar dan mengetahui hubungan yang sehat.

Berikut ini tiga cara mengatasi cinta yang memudar:

1. Berbicara dari Hati ke Hati

Young beautiful couple enjoying their time. Man and woman laugh and talkFoto: Getty Images/iStockphoto/NiKita Filippov.

Menurut Kei Savourie cara untuk mempererat rasa sayang adalah harus berbicara dari hati ke hati. Langkah ini perlu dilakukan agar pasangan bisa mengetahui apa permasalahan yang dirasakan.

"Ini kan lagi ada masalah, apa sih yang ada di dalam isi hati, kesedihan dan kekecewaannya apa saja? Setelah ngobrol baik-baik yang satu mendengarkan yang satu ngomong dan sebaliknya," kata Kei.

2. Mencari Pengalaman Baru

Young woman drinking coffee and communicating with her smiling boyfriend in a cafe.Foto: Getty Images/skynesher.

Selain itu cara untuk mengembalikan cinta yang sudah memudar adalah melakukan hal-hal yang bisa memunculkan rasa sayang.

"Kamu bisa melakukan sesuatu yang baru dan memperlakukan sesuatu yang jarang dilakukan. Salah satunya memuji, membeliin makan, ngedate, makan enak dan lainnya," tuturnya.

3. Melakukan Hal-hal yang Romantis

Loving young couple say good bye at airport, man and woman embracing at car parking lot.Ilustrasi pasangan yang sedang berpelukan. Foto: Getty Images/izusek.

Jika selama ini kamu jarang melakukan hal-hal yang romantis, wajar jika rasa sayang menjadi menurun. Untuk ingin meningkatkannya lakukan hal-hal yang romantis. Seperti mencium, memeluk dan ucapkan terimakasih kepada pasangan.

"Pernah nggak bilang itu ke pasangan kamu? Simpel kan? Harus sering melakukan hal tersebut agar bisa mempererat hubungan," sambungnya.

Indikator Hubungan yang Sehat

Young affectionate couple enjoying together while man is kissing his girlfriend in headFoto: Getty Images/iStockphoto/Goran13.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hubungan kamu sehat atau tidak atau apakah termasuk toxic relationship. Kei Savourie mengungkapkan cara termudahnya kenali perasaan kamu sendiri. Apakah kamu merasa bahagia atau tidak dalam menjalin hubungan dengan pasanganmu.

"Sebenarnya simpel, ya kamu harus bahagia dan puas. Memang namanya hubungan pasti ada masalah, seberapa sering dan banyak? Sebulan sekali itu masih oke. Tapi kalau berantemnya setiap hari, stres, menganggu pekerjaan itu udah tidak sehat," tutur Kei.

Intinya jika kamu merasa tidak bahagia dalam hubungan, itu tandanya kamu sudah berada di dalam toxic relationship. Stresnya lebih banyak dibandingnya rasa bahagianya.

"Kalau kamu bahagia bersama pasangan kamu, kamu pasti tidak akan bertanya apa itu hubungan toxic? Karena kamu sudah punya pasangan baik, mesra dan quality time yang bagus," tutupnya.

Itulah cara untuk mempererat cinta yang sudah memudar dan indikator hubungan sehat. Semoga kamu selalu bahagia ya bersama pasanganmu!

(gaf/eny)