5 Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan Mental dan Tubuh

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 01 Jun 2021 13:15 WIB
Romantic Asian couple in the bedroom, a man giving a rose to a beautiful woman and both kissing a beautiful rose with love and happiness, Beautiful elegant Asian couple is hugging and smiling in bedroom Manfaat jatuh cinta. Foto: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark
Jakarta -

Siapa takut jatuh cinta? Jika kamu termasuk orang yang takut dengan cinta, simak dulu deretan manfaat jatuh cinta untuk kesehatan.

Jatuh cinta tak hanya sekedar masalah hati saja. Menjalin hubungan asmara dengan seseorang juga bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Misalnya saja, rasa cinta ternyata bisa menjadi 'obat' nyeri. Perasaan cinta juga dapat mengurangi stres.

Seperti yang dikutip dari myhealthnewsdaily, berikut selengkapnya lima manfaat jatuh cinta:

1. Mengurangi Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental

Menurut penelitian dalam jurnal American Journal of Sociology tahun 2002, pria atau wanita yang tidak memiliki pasangan cenderung lebih sering depresi, cemas, mood berubah-ubah bahkan rasa ingin bunuh diri akibat tekanan psikologis. Diperkuat oleh penelitian dari Florida State University pada 2010, orang yang berkomitmen lebih sedikit terkena masalah kesehatan mental dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki pasangan.

2. Mengurangi Rasa Nyeri

Manfaat jatuh cinta berikutnya adalah mengurangi nyeri. Dalam jurnal PLos ONE, peneliti mengklaim bahwa rasa cinta bekerja bagaikan analgesik, mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit. Perasaan romantis mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab untuk mengurangi sakit, serta mengaktifkan hormon dopamin (mood yang bisa meningkatkan rasa senang dan mood positif).

3. Jatuh Cinta Dapat Mengurangi Stres

Sebuah studi terbaru mengatakan bahwa para pria maupun wanita lajang lebih rentan terhadap stres daripada mereka yang telah menikah dan memiliki hubungan yang stabil. Menurut spenelitian dari University of Chicago dan Northwestern University, status hubungan dapat mempengaruhi produksi kortisol dan hormon stres, saat sedang mengalami tekanan.

4. Jatuh Cinta Bikin Panjang Umur

Data sensus telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang belum menikah memiliki kemungkinan mengalami kematian dini lebihtinggidibandingkan dengan mereka yang belum menikah. Selain itu, peneliti juga mengetahui bahwa menikah membuat orang panjang umur walau pendapatannya rendah dan memiliki kesenjangan sosial.

5. Lebih Bahagia Saat Jatuh Cinta

Journal of Neurophysiology menjelaskan, rasa cinta mengaktifkan daerah dopamin tertentu dalam otak. Daerah ini berhubungan lagsung dengan perasaan bahagia, kecanduan, keinginan dan euforia kegembiraan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan melihat orang yang kita cintai, memengaruhi cara kerja beberapa area tertentu di otak sehingga membuat orang bahagia ketika mereka bertemu dengan orang yang disayangi.

Itulah lima manfaat jatuh cinta. Jadi apakah kamu masih takut jatuh cinta?



Simak Video "dXpertise - Kelas Cinta Supaya Kamu Nggak Jomblo Mulu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)