Demi Lovato dan 3 Artis Mengaku Non-Biner, Bukan Laki-laki Maupun Perempuan

Hestianingsih - wolipop Kamis, 20 Mei 2021 17:38 WIB
demi lovato Demi Lovato. Foto: Getty Images
Jakarta -

Demi Lovato membuat pengakuan mengejutkan. Dia menyatakan diri sebagai non-binary atau non-biner.

Non-biner merupakan identitas gender yang tidak masuk golongan laki-laki maupun perempuan. Penyanyi 28 tahun ini pun mengganti kata sapaan.

Dirinya tidak mau lagi disebut 'he/she' yang menandakan sebutan berdasarkan gender. Melainkan 'they/them' atau dia/mereka.

Selain Demi Lovato, sejumlah artis terkenal ini juga menyatakan diri sebagai non-biner atau gender fluidity. Siapa saja?

1. Sam Smith

LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 03: Sam Smith attends the GQ Men Of The Year Awards 2019 at Tate Modern on September 03, 2019 in London, England. (Photo by Jeff Spicer/Getty Images)Sam Smith. Foto: Jeff Spicer/Getty Images

Penyanyi Sam Smith kerap menunjukkan orientasi seksualnya yang berbeda. Ia juga pernah menyebut bahwa dirinya bukanlah pria atau wanita, tapi di antaranya.

Pada September 2019 melalui Instagram, Sam Smith mengumumkan agar orang memanggilnya dengan sapaan netral. Ia tidak mau disebut sebagai 'he' yang merujuk kepada laki-laki atau 'she' sebagaimana ke perempuan.

"My pronouns are they/them," tulis Sam Smith yang mengklasifikasikan dirinya sebagai non-binary.

2. Janelle Monae

HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Janelle Monáe attends the 92nd Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Amy Sussman/Getty Images)Janelle Monae. Foto: Amy Sussman/Getty Images

Janelle Monae juga memanfaatkan Twitter untuk mengumumkan bahsa dirinya penganut non-binary. Pada Jumat (14/5/2021) pekan lalu, dia me-retweet gif karakter non-biner dari sebuah tayangan animasi dengan caption, "Kamu laki-laku atau perempuan? Saya adalah pengalaman. Tidak ada yang lebih baik dari menjalani hidup di luar gender."

Dia pun menambahkan tagar bertulisan #IAmNonbinary dengan emoji Saturnus. Sebelumnya pada 2018, dia mengaku sebagai panseksual, yakni sebutan bagi seseorang yang tertarik secara seksual bukan karena gender, tapi personal.

3. Ruby Rose

HOLLYWOOD, CA - JANUARY 19:  Actress Ruby Rose attends the LA Premiere of the Paramount Pictures title 'xXx: Return of Xander Cage' at TCL Chinese Theatre IMAX on January 19, 2017 in Hollywood, California.  (Photo by Charley Gallay/Getty Images for Paramount Pictures)Ruby Rose. Foto: Charley Gallay/Getty Images for Paramount Pictures

Model dan aktris Ruby Rose menyatakan kalau dia adalah 'gender yang fleksibel dan netral' pada 2014. Kepada Guardian, sosok yang khas dengan gaya androgini ini mengatakan kalau dia bukanlah laki-laki maupun perempuan.

"Saya merasa seorang laki-laki, tapi sepertinya tidak harus terlahir dengan organ-organ tubuh yang berbeda atau semacamnya. Semuanya bisa terlihat dari bagaimana saya berbusana dan bicara dan terlihat dan yang saya rasakan, dan itu membuat saya bahagia... Saya benar-benar berada di osisi netral, dan saya bersyukur untuk itu," ujarnya seperti dikutip dari Insider.

(hst/hst)