7 Kelebihan Introvert yang Belum Tentu Dimiliki Kepribadian lain

Annissa Kamila - wolipop Rabu, 17 Mar 2021 08:02 WIB
Portrait of smiling businesswoman sitting alone on comfortable sofa at home with computer on knees. Happy female freelancer working remotely in own house, posing for photo, looking at camera. Kelebihan kepribadian introvert. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Ada banyak anggapan mengenai kepribadian introvert. Banyak yang bilang bahwa pemilik kepribadian introvert adalah orang-orang yang anti sosial, tidak suka berada di keramaian, pemalu, tidak ramah dan sedikit memiliki teman. Apakah memang benar demikian? Seperti apa sebenarnya kepribadian introvert? Apa kelebihan introvert?

Menurut Dr. Jennifer Kahnweiler, penulis dari buku The Introverted Leader: Building on Your Quiet Strength, introvert adalah orang-orang yang mendapatkan energi dari menghabiskan waktu secara sendirian. Hal inilah yang mengakibatkan kesalahpahaman di masyarakat, sehingga timbul perspektif bahwa introvert adalah orang-orang yang anti sosial.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasi pada Journal of Motor Behavior pada 2008 ditemukan bahwa pemilik kepribadian introvert membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses informasi dibandingkan orang esktrovert. Hal ini karena orang dengan kepribadian introvert memproses sebuah informasi lebih dalam ketimbang ekstrovert. Mereka meluangkan waktu lebih lama untuk memproses sebuah ide sebelum beranjak ke ide yang baru. Hal ini termasuk kelebihan dari kepribadian introvert.

Berikut selengkapnya deretan kelebihan introvert:

1. Orang introvert pendengar yang baik

Menurut Beth Buelow, penulis The Introvert Entrepreneur, sifat alami dari introvert adalah pendengar yang aktif. Dalam pandangannya, seorang introvert cenderung menjadi teman atau kolega yang dapat dihubungi dalam suasana senang maupun sedih. Semua informasi yang disampaikan kepada orang dengan kepribadian introvert akan diproses menjadi informasi untuk dirinya. Kelebihan orang introvert lainnya adalah mendengar, memahami dan memberikan wawasan yang dipertimbangkan dengan cermat ketika mereka merespons suatu informasi.

2. Orang introvert akan berpikir dulu sebelum bertindak

Secara umum, seorang introvert merasa lebih nyaman mendengarkan dibandingkan berbicara. Karena menurut Beth Buelo yang juga seorang introvert, orang-orang sepertinya cenderung memilih penggunaan kata dengan bijak. Pemilik kepribadian introvert hanya berbicara jika mereka ingin berbicara.

Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk berpikir, mempertimbangkan pemikiran dan perkataan mereka. Keterampilan ini sangat bermanfaat dalam media digital, karena orang introvert cenderung memilih hal yang tepat untuk diunggah dan mampu berkomunikasi dengan bijak serta mengontrol media sosial mereka.

3. Jeli dan teliti

Kelebihan introvert berikutnya adalah suka mengamati. Mereka mampu memperhatikan hal-hal yang mungkin tidak diperhatikan oleh orang lain. Meski kadang terlihat santai, introvert sebenarnya menyerap informasi yang disajikan dan berpikir kritis. Introvert juga jeli dalam mengenali lingkungan. Mereka cenderung memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi seseorang, sehingga membuat mereka lebih baik dalam komunikasi personal.

4. Orang introvert adalah teman yang berkualitas

Orang dengan kepribadian introvert cenderung merasa energinya akan terkuras bila berada di sekitar orang lain. Oleh karena itu mereka cenderung memilih teman dengan bijak. Mereka lebih suka memiliki beberapa pertemanan dekat dan terpercaya untuk menginvestasikan waktu dan energi mereka, dibandingkan dengan jaringan kenalan yang besar. Sehingga lingkungan pertemanan mereka cenderung lebih setia, perhatian dan berkomitmen.

5. Orang Introvert adalah pasangan romantis yang penuh kasih

Kelebihan introvert lainnya adalah dapat merasakan apabila pasangannya membutuhkan ruang privasi sendirian, tidak akan terlalu melekat atau terlalu menjaga hubungan. Introvert selalu menyediakan waktu untuk mendengarkan dan mendukung pasangannya tanpa merasa harus berbicara tentang diri mereka sendiri.

6. Ahli menciptakan jaringan

Kepribadian introvert sangat ahli dalam menciptakan jaringan dan tidak berpatok pada jumlah orang dalam jaringan yang dibangunnya. Mereka fokus belajar tentang orang-orang yang mereka temui bahkan jika mereka hanya terhubung dengan segelintir orang. Hal ini yang membuat orang-orang yang ditemui kepribadian introvert jadi terkesan padanya.

7. Kepribadian introvert bisa jadi pemimpin yang disukai

Kelebihan kepribadian introvert adalah mereka mampu menjadi pemimpin terbaik ketika mampu menyalurkan kekuatan alami mereka. Tipe kepemimpinan kepribadian introvert adalah menyoroti kekuatan tim mereka. Kepribadian introvert cenderung belajar lebih banyak tentang bawahan mereka, memantau anggota tim untuk mempelajari keterampilan, hasrat dan kekuatan tim mereka. Setelahnya kepribadian introvert dapat menggunakan apa yang telah dipelajari tersebut untuk membantu setiap anggota tim menjadi lebih efisien dan lebih bahagia di tempat kerja.

Bagaimana, apakah kamu sudah menyadari kelebihan introvert tersebut? Pada intinya, semua kepribadian memiliki kelebihannya masing-masing, yang membuatnya berbeda adalah bagaimana kamu mampu mengolah hal-hal tersebut menjadi hal positif yang tidak akan memberatkan dirimu. Jadi untuk para pemilik kepribadian introvert, kamu juga memiliki potensi untuk berkembang menjadi seseorang yang lebih baik lagi.



Simak Video "TOP 5: Naif Bubar, Sapri Pantun Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)