15 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita Islami yang Menyentuh

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 09 Feb 2021 05:30 WIB
An Iranian woman visits a relatives grave at a cemetery in the religious Shiite city of Qom, some 130 kilometres south of the capital, on June 9, 2013. AFP PHOTO/BEHROUZ MEHRI (Photo by BEHROUZ MEHRI / AFP) Ucapan belasungkawa turut berduka cita dalam agama Islam. Foto: iStock
Jakarta -

Kehilangan orang yang tercinta dan terkasih merupakan satu kejadian yang menyedihkan dalam hidup. Tentunya untuk kamu yang kehilangan tidak ada kata yang bisa menghiburmu saat itu, dan kamu yang mendengar kabar tersebut pun akan bingung apa yang harus dikatakan. Bagaimana ucapan belasungkawa turut berduka cita yang baik?

Meyakini bahwa hal tersebut adalah takdir yang harus dan akan dilewati dengan mengingat Allah adalah hal yang tepat untuk menyemangati diri sendiri ataupun orang lain. Dan bagi kamu yang ingin memberikan penghiburan, bisa memberikan ucapan belasungkawa yang menyentuh.

Berikut 15 ucapan belasungkawa turut berduka cita yang Islami, sehingga orang yang menerimanya lebih tabah dan ikhlas karena terus dekat dan mengingat Allah SWT:

1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahlah yang selalu menjagamu dan DIA-lah jugalah yang mengambilnya. Kamu tidak dapat menentang takdir yang Dia siapkan untuk kamu. Berharaplah yang terbaik. Cobalah untuk percaya kepada-Nya.

2. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah Yang Maha Kuasa memperluas kuburannya dan memberinya kedamaian abadi. Allah selalu penyayang terhadap orang yang beriman padanya.

3. Jangan sedih. Allah berfirman setiap orang harus mati suatu hari nanti. Berdoa untuk kedamaian abadi bagi jiwa yang telah meninggal. Semoga Allah (SWT) memberinya Jannah-ul-Firdaus.

4. Semoga Rahmanir Rahim memberimu kesabaran di masa sulit ini dan memberimu kekuatan untuk menanggung musibah ini. Aku tidak bisa memberikan hal yang menenangkan saat ini. Tapi aku berdoa untuk kamu dan orang tersayang yang mendahului kita.

5. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga Allah s.w.t. berikan dia Jannatul-Firdaus dan diampuni dosa-dosanya.

6. Semoga Allah SWT memberimu ketabahan untuk menghadapi musibah ini. Allah akan menempatkan kenyamanan dan cahaya di atas kuburan.

7. Takdir kamu sudah ditentukan sejak kamu dilahirkan, maka kenapa harus kehilangan harapan? Allah ada untukmu. Teruslah mengingat Allah maka Allah akan selalu mengingatmu.

8. Inna Lillahi Wa Inna Ilayhi Raji'un. Menangislah, tetapi jangan pernah lupa untuk berdoa kepada ALLAH karena DIA-lah penjaga yang sesungguhnya. Aku berharap doa ini akan membantunya dalam peristirahatan abadi.

9. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah memberikan ibumu Jannah dan membebaskannya dari siksaan berat. Tetap kuat, doakan dia, dan yakin kepada Allah.

10. Aku sangat menyesal atas kehilangan yang kamu alami. Semoga Allah menyelamatkan dia dari siksaan kubur dan mengurangi semua dosanya. Semoga Allah memberinya Jannat-ul-Firdaus, Amin. Berdoa kepada Allah untuk kebaikannya.

11. Semoga Allah mengampuni semua dosanya dan menyalakan kuburnya, dan menjadikannya bagian dari Jannat-ul-Firdaus. Ingatlah untuk berdoa untuknya setiap saat. Mengirimkan doa dan tetap kuat.

12. Aku berharap ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk meringankan rasa sakit kamu. Semoga Yang Mahakuasa memberi kesabaran dan kemudahan untuk melewati cobaan ini.

13. Jangan pernah ingin mencari apa yang di luar kendali kamu. Tetap yakin kepada Allah dan jangan marah meski ini sulit. Tapi percayalah Allah selalu akan membantumu.

14. Sudah cukup tangisnya. Sekarang saatnya berdoa kepada Allah SWT , karena DIAlah yang menjaga orang yang kamu cintai di Jannah. Semoga Allah memberinya kedamaian abadi.

15. Aku tidak bisa memikirkan apa pun yang akan menenangkan kamu. Tapi aku tahu Allah ada di sini untukmu. Allah juga ada di sini untuk orang-orang tersayangmu. Biarlah Allah Yang Mahakuasa yang merawat jiwa yang telah meninggal dan selalu berdoa untuk kamu dan keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran.

Itulah 15 ucapan belasungkawa turut berduka cita dalam agama Islam. Ucapan belasungkawa ini bisa kamu berikan kepada teman, sahabat atau keluarga yang kehilangan orang tersayang atau terdekatnya.



Simak Video "Penanganan Khusus Masalah Cinlok"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)