Apa Itu Sapioseksual? Ini Ciri-cirinya

Lukita Wardani - wolipop Senin, 10 Agu 2020 21:30 WIB
Couple in love hugging and enjoying at public park in autumn Ilustrasi pasangan. Foto: iStock
Jakarta -

Sering mendengar istilah sapioseksual dalam dunia percintaan? Suka bertanya-tanya, apa arti sapioseksual?

Sapioseksual merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang terangsang secara seksual pada kecerdasan. Dengan kata lain mereka akan tertarik pada orang dengan kecerdasan tinggi dan mengutamakan karakter itu sebagai kriteria untuk memilih pasangan.

Seperti apa ciri-ciri seorang sapioseksual? Cari tahu di sini. Siapa tahu seseorang yang sedang kamu dekati termasuk sapioseksual atau justru malah pacar kamu.

1. Mulai Hubungan dengan Persahabatan

Seorang sapioseksual biasanya butuh waktu lama untuk mengenal seseorang sebelum memutuskan berpacaran dengannya. Bahkan terkadang hubungan asmara diawali dulu dengan pertemanan. Sebab dia harus mengenali orang tersebut dengan lebih mendalam dan bukan dari 1-2 kali pertemuan saja.

Menurut pakar percintaan Dr Paras, seperti dikutip dari Times of India, sapioseksual biasanya melihat tingkat inteligensia seseorang melalui obrolan yang lama dan intens. Jadi bukan hanya dari fisik luar dari lebih dalam dari itu.

2. Menghindari Obrolan yang Ringan

Seorang sapioseksual biasanya lebih memilih topik yang berat dan serius untuk dibahas daripada hal-hal receh atau sekadar basa-basi. Sebab mereka akan terangsang dengan pembicaraan yang cerdas.

Jadi jika pasangan atau gebetan kamu terus membuatmu berpikir lebih kritis tentang banyak hal, kemungkinan besar mereka tertarik pada kecerdasan dan wawasan dibandingkan hal untuk bersenang-senang.

3. Suka Tantangan atau Ditantang

Mereka tidak terlalu peduli dengan penampilan fisik. Hanya kecerdasan yang membuatnya tertarik dan bergairah. Soal penampilan fisik menjadi nomor kesekian baginya.

4. Sapioseksual Juga Tertarik dengan Kerendahan Hati

Selain fokus dengan kecerdasan pasangannya, seorang sapioseksual juga tertarik dengan kerendahan hati. Secara alami mereka tertarik dengan orang-orang yang memiliki empati, penuh kasih dan memahami orang lain dengan lebih baik karena itu salah satu ciri kecerdasan.

5. Pintar Berkomunikasi

Seorang sapioseksual mampu menjadi komunikator yang andal. Mereka biasanya menghasilkan jawaban-jawaban cerdas dan percakapan yang menarik dan jelas.

6. Selalu Memuji Kecerdasan

Apakah kamu sering dipuji dalam sebuah proses atau dipuji saat memberikan pengetahuan baru ke pasangan? Jika ya, bisa jadi dia adalah sapioseksual

Mereka secara alami tertarik pada orang-orang yang menunjukan pemahaman dan kecerdasan yang lebih tinggi. Kalau hal tersebut kerap terjadi pada kamu berarti pasangan ada kecenderungan sapioseksual.

7. Bisa Jadi Teman yang Baik

Mereka dipenuhi oleh motivasi yang dapat membuat kamu maju. Mereka cenderung lebih banyak belajar dalam proses hubungan sehingga tidak ada salahnya untuk menjalani hubungan dengan sapioseksual. Meskipun tidak mudah berada disamping pasangan yang terangsang oleh kecerdasan.

Nah, itu tadi tujuh tanda pasangan kamu seorang sapioseksual. Tidak ada salahnya mencoba hubungan dengan orang sapioseksual jika memang membuatmu nyaman.



Simak Video "Belajar dari 'Kimbab Family': Konten YouTube Positif Bareng Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)