7 Tanda Peringatan Kekasih Berusaha Mengontrol Kehidupan Kamu

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 20 Jun 2020 21:00 WIB
Ilustrasi pasangan bertengkar Ilustrasi pasangan mencoba mengontrol kehidupan. Foto: Getty Images/PixelsEffect
Jakarta -

Memiliki pasangan yang peduli dan selalu menjagamu adalah sebuah hal yang sangat baik. Namun akan berbeda jadinya jika kepeduliannya tersebut lama kelamaan jadi terasa berlebihan dan membuatmu terkekang. Jika kamu merasa dirinya berusaha untuk selalu mengontrolmu maka kamu mungkin perlu berpikir ulang tentang hubunganmu saat ini. Agar kamu tidak salah mengartikan gerak-gerik si dia, seperti dikutip dari Popsugar berikut ini 7 tanda jika pasanganmu berusaha mengontrolmu.

1. Dia Membuatmu Merasa Sangat Spesial

Salah satu tanda jika pasanganmu berusaha mengontrolmu adalah dia akan membuatmu merasa sangat spesial. Seringkali pasangan yang berusaha mengontrol pada awalnya akan terlihat sempurna dan sangat menyanjung. Dirinya akan membuatmu merasa seolah-olah dia akan melakukan apapun untukmu. Kamu akan merasa sangat spesial, seperti kamulah dunianya. Namun kamu harus berhati-hati karena itu semua adalah bagian dari rencananya. Perasaan seorang akan berkembang seiring waktu, namun jika si dia berusaha mengendalikanmu maka dia akan membuatmu merasa seolah dia langsung jatuh cinta kepadamu. Pasangan yang berusaha mengendalikanmu tahu benar apa kata-kata yang perlu dikatakannya untuk memikatmu dan tanpa kamu sadari, kamu sudah berada di dalam perangkapnya.

2. Waktumu Adalah Waktunya

Tanda kedua jika pasanganmu berusaha mengontrolmu adalah dia akan membuat waktumu sebagai waktunya. Dengan kemampuan yang dimilikinya, dia akan membuatmu merasa bahwa waktu yang kamu habiskan sendiri, tanpa melibatkan dirinya, tidaklah berguna dan hanya akan mengganggu hidupmu. Dia hanya akan menjauhkanmu dari orang-orang yang kamu sayangi, seperti, teman, sahabat, keluarga, atau bahkan hobimu sendiri. Jika dirinya merasa terancam maka ia akan mencoba membuatmu merasa bersalah karena pilihanmu yang tidak melibatkan dirinya. Dia akan berusaha membuatmu membatalkan setiap rencana yang akan ataupun telah kamu buat tanpa memasukkan dirinya.

3. Dia Tidak Memiliki Kehidupan Sosialnya Sendiri

Tanda ketiga jika pasanganmu berusaha mengontrolmu adalah dia tidak memiliki kehidupan sosialnya sendiri. Biasanya orang yang suka mengendalikan tidak memiliki kehidupan sosial yang fantastis dan mengagumkan. Jika pasanganmu tidak pernah menceritakan tentang teman-temannya, pertemuan-pertemuan sosial yang baru-baru dilakukannya, seperti kegiatan kelompok atau semacamnya, maka itu adalah salah satu tanda jika pasanganmu mungkin memiliki sifat suka mengendalikan. Pasangan yang suka mengendalikan cenderung memiliki masalah kepercayaan dengan orang lain, sehingga dirinya hanya memercayai kamu sebagai pasangannya. Menurut dirinya, satu orang lebih mudah dikendalikan dibandingkan dengan banyak orang, seperti jika dirinya memiliki sekelompok teman. Pastinya akan sulit untuk mengatur sekelompok teman-temannya itu untuk melakukan apa yang menjadi kehendaknya.

4. Dia Selalu Mengawasimu

Couple under Covid-19 quarantine using their phones at home. Man wearing face mask texting on smartphone.Couple under Covid-19 quarantine using their phones at home. Man wearing face mask texting on smartphone. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nando Martinez

Awalnya kamu mungkin akan merasa bahwa pasanganmu itu sangatlah peduli kepadamu. Dia akan berpura-pura mengkhawatirkan dirimu dan semakin lama akan semakin melewati batas. Apa yang tadinya terasa seperti 'kepedulian' akan berubah menjadi seperti 'penjara'. Kamu akan merasa seperti terperangkap dan kehilangan kebebasanmu. Pada akhirnya kamu mulai hidup dengan apa yang diperintahkannya dan tidak ingin mengambil risiko karena kamu tidak ingin terjadi drama di dalam hubunganmu.

5. Dia Memaksakan Kehendaknya

Tanda lain jika pasanganmu berusaha mengontrolmu adalah dia memaksakan kehendaknya. Awalnya dia hanya akan menyarankan pendapatnya. Tapi jika kamu menolak, dia akan memaksamu untuk mengikuti apa yang diinginkannya. Dia mungkin akan berusaha meyakinkanmu bahwa kehendaknya tersebut adalah yang terbaik untukmu. Dia akan mulai mengatur hidupmu, bahkan cara berpakaianmu agar sesuai dengan yang diinginkannya.

6. Dia Berperilaku seperti Seorang Pemimpin

Jika kamu merasa bahwa pasanganmu lebih suka mengontrol dan mengarahkan dirimu daripada benar-benar terhubung denganmu, maka kemungkinan besar pasanganmu itu memiliki masalah kontrol. Bersama seseorang yang tegas dan benar-benar tahu apa yang diinginkannya adalah hal yang berbeda. Namun bersama orang yang berusaha memimpin dengan mengendalikan hidupmu tanpa melihat opini yang kamu miliki adalah sesuatu yang tidak baik. Jika kamu harus bersusah payah menjelaskan pendapatmu dan apa yang kamu rasakan untuk membuatnya mengerti maka kamu mungkin berada di bawah pengaruh hubungan yang mengendalikan. Seseorang yang ingin terhubung denganmu justru akan penasaran dengan apa yang kamu pikirkan dan berpikiran terbuka, bukan sebaliknya.

7. Melarang Berteman dengan Lawan Jenis

Tanda terakhir pasanganmu berusaha mengontrol dirimu adalah dia melarangmu terhubung dengan lawan jenis. Jika kamu berteman dengan mantanmu maka dia akan melihatnya sebagai ancaman. Jika kamu berteman atau sering bergaul dengan teman-teman lawan jenismu maka dia akan menunjukkan rasa tidak amannya dengan mulai menanyai dan memeriksamu ketika tidak bersamanya. Padahal berteman dengan lawan jenis perlu untuk menyeimbangkan hidupmu. Namun sayang, pasangan yang suka mengendalikan tidak akan bisa memahami hal itu.



Simak Video "Wajah Glowing Jennifer Lopez Dituding Penuh Botoks"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)