Fakta Menarik Dream Catcher yang Dipercaya Bisa Menangkap Mimpi Baik

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 09 Jun 2020 06:00 WIB
Monument Valley Navajo Tribal Park Dream catcher. Foto: Getty Images/iStockphoto/FilippoBacci
Jakarta -

Dream catcher adalah simbol penduduk asli Amerika. Begitu seperti dikutip dalam Everyday Health. Bagi banyak penduduk asli di negara tersebut, mereka mewakili tradisi dan legenda penangkap mimpi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Dream catcher bagi sebagian orang juga disimbolkan sebagai persatuan penduduk asli Amerika. Dream catcher dibuat dengan bahan-bahan tradisional.

Karena dibuat dengan bahan-bahan tradisional, simbol dream catcher ini justru menjadi salah satu kerajinan yang banyak diminati oleh orang-orang diluar penduduk Amerika asli.

Dibuat dengan bahan-bahan tradisional dan bentuk yang unik. Dream catcherpun sering menghiasi dinding bagi pecinta suasana aesthetic di rumahnya.

Berikut beberapa hal tentang dream catcher yang perlu kamu tahu:

1. Berasal dari Suku Indian

Dream catcher diduga berasal dari suku Ojibway, salah satu suku Indian di dataran, tetapi banyak suku lain seperti Chippewa dan Lakota yang memiliki bersi legenda dream catcher versi mereka sendiri.

Dalam kebudayaan mereka, ada seorang wanita laba-laba bernama Asibikaashi yang bertugas untuk menjaga semua orang di sana. Suatu hari, orang-orang Ojibwe pindah rumah dan membuat Asibikaashi kesulitan menjaga mereka.

Akhirnya mereka membuat sebuah benda berbentuk lingkaran dengan jaring di tengahnya yang menyerupai jarang laba-laba.

Monument Valley Navajo Tribal ParkDream catcher. Foto: Getty Images/iStockphoto/FilippoBacci

2. Bentuk Unik

Dokumentasi non-asli Amerika pertama kali dilakukan oleh seorang sarjana bernama Francis Densmore pada tahun 1929. Meskipun ada banyak variasi, dream catcher pada dasarnya adalah lingkaran kecil kayu yang diikat dengan otot atau benang menyerupai jaring dengan lubang kecil di tengahnya. Senar atau benang diikat pada beberapa titik pada lingkaran, dengan jumlah titik pada dream catcher memiliki arti yang berbeda:

13 poin - 13 fase bulan
8 poin - jumlah kaki pada wanita laba-laba legenda dream catcher
7 poin - tujuh ramalan kakek
6 poin - elang atau keberanian
5 poin - bintang

3. Memerangkap Mimpi Buruk


Legenda mengatakan bahwa jika kamu menggantung dream catcher di atas tempat tidur, itu akan memerangkap mimpi buruk oleh jaring laba-laba, lalu memasukkan mimpi indah dan menangkapnya melalui lubang di bagian tengah. Saat sinar matahari menghantam dream catcher di pagi hari, semua mimpi buruk akan menguap.

Monument Valley Navajo Tribal ParkDream catcher. Foto: Getty Images/iStockphoto/FilippoBacci

4. Souvenir Cantik


Terlepas dari mitos yang ada, dream catcher dengan warna yang berbeda-beda ini kini lebih dikenal dengan souvenir cantik. Tidak hanya bisa didapatkan di Amerika, tetapi juga Indonesia.

Di Bali, pengrajin dream catcher cukup banyak dan menghasilkan bentuk serta warna yang menarik dan cocok menjadi penghias ruangan rumah.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)