Karakteristik si Introvert, Apakah Kamu Salah Satunya?

Lusiana Mustinda - wolipop Senin, 18 Mei 2020 03:30 WIB
Ilustrasi pemalu/ berse,mbunyi Introvert. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kata introvert menjadi trending di Twitter karena ucapan suami Indira Kalistha, Gustaf Syailendra atau yang dikenal dengan nama Utap. Ia mengungkapkan, "Karena pada dasarnya gue dan bini gue ini introvert banget gitu. Kayak gue kalau ketemu orang banyak kalau berisik ya, kalau pada ngomong suka pusing. Kalau di restoran ramai gue suka pusing," ujar Utap.

Ungkapan inipun langsung direspon oleh warganet. Lalu apa sih yang dimaksud introvert?

Introvert dan ekstrovert adalah dua kepribadian yang benar-benar bertolak belakang. Namun orang introvert sering menjadi sorotan karena mereka cenderung lebih tertutup.

Introvert adalah kebalikan dari ekstrovert. Ekstrovert sering digambarkan sebagai kehidupan pesta dengan mencari interaksi dengan beberapa orang.

Dikutip dalam Healthline, psikolog Carl Jung adalah orang pertama yang menggambarkan dua kepribadian ekstrem ini pada tahun 1960-an. Dia menulis bahwa introvert dan extraverts dapat dipisahkan berdasarkan bagaimana mereka mendapatkan kembali energi.

Karakteristik kepribadian seorang introvert:

1. Lebih Suka Sendirian


Bagi seorang introvert kesendirian adalah kebahagiaan. Bila kamu suka menghabiskan waktu beristirahat atau melakukan kegiatan yang disenangi. Kesendirian adalah sesuatu yang melegakan. Introvert sering menikmati waktu sendiri dengan membaca buku, berkebun, kerajinan, menulis, bermain hingga menonton televisi.

2. Tidak Suka Interaksi Sosial


Ekstrovert tentu tidak akan melewatkan waktu berkumpul bersama teman-teman. Tapi bagi seorang introvert mereka tidak terlalu senang berinteraksi sosial.

3. Lebih Suka Bekerja Sendiri


Waktu sendirian adalah waktu penting bagi orang introvert karena mereka merasa tenang dan produktif dalam melakukan aktivitas mereka. Berbeda dengan esktrovert yang seringkali merasa bosan dan kontraproduktif saat sendirian.

4. Lingkaran Pertemanan Kecil


Karena lebih suka menyendiri, orang-orang introvert biasanya tidak dekat dengan banyak orang karena lebih memilih bergaul hanya dengan orang-orang terdekat.

5. Tidak Menyukai Perhatian yang Berlebih


Takut berbicara di depan ratusan atau ribuan orang? Kadang juga gemetar saat berpartisipasi kelompok di sekolah? Kebanyakan orang introvert menghadapi masalah ini. Akan tetapi tak semua orang tidak sanggup menaklukannya.

Banyak orang-orang introvert yang dapat memimpin perusahaan hingga menjadi artis karena memiliki rasa peracaya diri saat berbicara di depan orang.





Simak Video "Konten Kontroversial Makin Menjamur, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)