Ini 5 Kesalahan yang Bisa Merusak Hubungan Suami-Istri

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 17 Apr 2020 05:29 WIB
Jealousy, cheating or infidelity in relationship concept. Sad upset couple. No trust. Jealous wife or cheating husband. Married man and woman fighting. Silent treatment and communication problem. Hubungan pasangan suami istri. Foto: iStock
Jakarta -

Setiap hubungan pasti pernah memiliki masalah. Namun masalah ini tentu ada titik terangnya agar menghasilkan hubungan yang harmonis. Sehingga kita perlu mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan perpecahan dalam rumah tangga.

Kebanyakan orang mengatakan tak mudah memperbaiki keretakan dalam rumah tangga. Namun tentu menyerah bukan menjadi jalan keluarnya. Jika kamu merasa tak dianggap atau dihianati, pastikan atasi masalah dengan kepala dingin.

Hindari beberapa kesalahan-kesalahan dalam rumah tangga yang bisa menyulut masalah. Apa saja?

1. Komunikasi yang Kurang Baik

Tidak hanya hubungan asmara sepasang kekasih, hubungan suami istri juga bisa kandas jika komunikasinya kurang baik. Komunikasi bukan sekedar ngobrol atau menyampaikan informasi. Akan tetapi komunikasi yang baik juga memiliki tujuan untuk mewujudkan misi bersama antara kedua belah pihak.

Meskipun sudah mengenal lama, namun tetap saja ada hal-hal yang tidak kita sukai. Komunikasilah yang membuat hal ini bisa dibicarakan bersama-sama. Jika tidak ada komunikasi, tentu masalah tidak akan terselesaikan.

Dikutip dalam liveabout, tidak ada ruang dalam pernikahan untuk seorang yang tidak jujur. Memiliki kebohongan dan rahasia dalam hubungan hanya akan menciptakan jarak dan kurangnya kepercayaan diantara kedua pasangan.

Hubungan suami istri.Hubungan suami istri. Foto: iStock

2. Tidak Merencanakan Keuangan Bersama

Keuangan menjadi salah satu hal yang sangat kompleks dalam rumah tangga. Tentunya kita harus menyadari kalau kita tak hidup sendiri. Keuangan pun kini sudah milik berdua, terutama jika sudah memiliki anak.

Urusan finansial juga menjadi hal yang sensitif dalam sebuah pernikahan. Pengeluaran yang tak terduga pun bisa memicu pertengkaran. Sehingga ada baiknya, ketika merencanakan keuangan pastikan selalu dilakukan berdua. Sehingga ada kompromi dalam memutuskan suatu keputusan.

3. Menganggap Pengasuhan Anak Hanya Tugas Istri

Ingat ya, pengasuhan anak bukan hanya tugas istri, tetapi suami harus juga turut andil. Beberapa orang sering mengeluhkan kalau sang suami tidak mau mengurus si buah hati seperti mengganti popok atau menggendongnya.

Jika kita saling membantu tentu kehidupan rumah tangga suami istri akan lebih harmonis.

Hubungan suami dan istri.Hubungan suami dan istri. Foto: Getty Images/iStockphoto/YakobchukOlena

4. Tidak Menjaga Gairah Pasangan

Dikutip dalam standartmedia.co.ke, Seiringnya dengan berjalannya usia pernikahan, bisa jadi kuantitas hubungan seks mulai berkurang. Hal ini sering kali keduanya disibukkan dengan pekerjaan atau mengurus anak-anak. Meskipun banyak alasannya, tetapi sebisa mungkin kita sebagai pasangan suami istri tetap menjaga gairah pasangan kita masing-masing.

5. Tidak Saling Menghargai


Saling menghargai menjadi kunci sukses harmonisnya hubungan rumah tangga. Harus sama-sama mengisi dan menghargai kekurangan masing-masing. Jangan terlalu mengedepankan ego agar hubungan tetap langgeng.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)