Katakan Cinta dengan Saham Jadi Tren Milenial, Ini Sebabnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 15 Feb 2020 11:37 WIB
ilustrasi investasi Ilustrasi memberikan hadiah untuk pasangan. Foto: iStock
Jakarta -

Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis saham dengan imbalan uang tunai.

Terdengar sangat serius ya jika bicara soal saham? Namun nyatanya saham kini sudah bukan lagi sesuatu yang dilihat sangat serius dan hanya dipahami oleh para pakar ekonomi. Generasi milenial pun banyak yang kini melek saham. Alhasil saham bukan hanya sekadar jadi investasi tapi juga 'alat' untuk mengatakan cinta.


Menurut perencanaan keuangan, Bareyn Mochaddin ada tiga hal yang bisa jadi penyebab saham kini banyak dijadikan hadiah untuk pasangan atau sebagai instrumen untuk mengatakan cinta. Tiga hal itu yaitu: karena ada keinginan untuk sebuah terobosan baru, ingin menjadi viral dan literasi keuangan yang semakin baik di kalangan anak muda.

Katakan Cinta dengan Saham Jadi Tren Milenial, Ini SebabnyaHadiah berupa saham. Foto: Instagram @ngertisaham


"Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang kerap melakukan sebuah hal yang baru, mencari alternatif yang bisa memberikan hasil yang sama (atau lebih baik) dengan cara yang berbeda. Selain itu, ada penelitian menyatakan bahwa generasi milenial sangat mementingkan sebuah hal yang Instagramable untuk kemudian disebarluaskan. Artinya, diketahui banyak orang dan menjadi viral merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi mereka dalam melakukan sesuatu," jelas Bareyn saat diwawancara oleh Wolipop baru-baru ini.

Bayern juga melihat generasi milenial semakin menyadari pentingnya berinvestas. Investasi yang dilakukan milenial pun beragam, mulai dari uang, saham, perhiasan hingga deposito.

Katakan Cinta dengan Saham Jadi Tren Milenial, Ini SebabnyaMahar berupa saham. Foto: dok. Pribadi



Sementara itu, pendiri akun Instagram @ngertisaham, Fadly Fatah, melihat, semakin banyaknya milenial yang memberikan saham sebagai hadiah untuk pasangannya ini karena anak muda ingin mencari sesuatu yang unik. Pemberian hadiah saham ini adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh masyarakat biasa.

"Kalau sebelumnya kalangan-kalanga tertentu saja yang melakukan ini, misal pengusaha yang menurunkan kepemilikan sahamnya kepada ahli warisnya atau kado pembagian saham kepada anaknya. Saat ini melalui pasar modal dengan hanya minimal 100 lembar (1 lot) saham dan dimulai dari Rp100.000 kita juga sudah bisa melakukan hal serupa. Saham sebagai altenatif investasi kepemilikan terhadap suatu perusahaan, telah terdeliver dengan baik ke-sebagian masyarakat millenial," tutur Fadly.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)