7 Manfaat Cuddle atau Pelukan Bagi Kesehatan dan Cara Melakukan yang Benar

Hestianingsih - wolipop Rabu, 22 Jan 2020 21:15 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Cuddle atau pelukan bukan sekadar cara untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayang. Berpelukan atau cuddle juga bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Dengan catatan, jika cuddle dilakukan bersama orang yang disayang.

"Sentuhan antara tubuh dengan tubuh melepaskan oksitosin, yang membantu kita lebih dekat, dan menurunkan kecemasan, depresi serta tekanan darah. Saya merekomendasikan Anda berpelukan untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan," kata pakar kesehatan Sarah Watson seperti dikutip dari Bustle.

Selain itu manfaat berpelukan atau cuddle juga melepaskan hormon epinefrine dan dopamin yang menimbulkan rasa bahagia dan menenangkan pikiran. Profesor psikologi dari Universitas Queen Caroline Pukall mengatakan ada beberapa manfaat yang ditimbulkan dari pelepasan dua hormon tersebut.

7 Manfaat Cuddle atau Pelukan Bagi Kesehatan dan Cara Melakukan yang BenarIlustrasi manfaat cuddle atau pelukan bagi kesehatan. Foto: iStock


"Hormon ini menurunkan tekanan darah, meredakan rasa tegang sekaligus menenangkan. Bahkan bisa membantu meredakan sakit kepala," ujar Caroline.

Jadi, manfaat kesehata apa saja yang bisa dilakukan dengan cuddle atau pelukan bersama pasangan maupun orang tersayang?

1. Menurunkan Gula Darah

Cuddle atau pelukan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Sentuhan saat berpelukan akan mengaktifkan reseptor yang bernama Pacinian, yang akan mengirimkan sinyal pada syaraf vagus, untuk merendahkan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

2. Mengurangi Cemas atau Rasa Tertekan

Memeluk orang yang berarti untuk kita bisa meredakan rasa cemas dan tertekan. Stusi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan, cuddle atau pelukan dapat mengurangi ketakutan. Bahkan ketika yang dipeluk adalah benda mati seperti boneka atau bantal guling.


3. Jantung Sehat

Sebuah eksperimen di University of North Carolina menunjukkan partisipan yang tidak mendapat pelukan atau sentuhan sama sekali, jantungnya berdetak 10 kali per menit. Sementara partisipan yang saling berpelukan jantungnya hanya berdetak lima kali per menit. Seperti diketahui, detak yang tidak terlalu cepat merupakan salah satu tanda jantung sehat.

7 Manfaat Cuddle atau Pelukan Bagi Kesehatan dan Cara Melakukan yang BenarIlustrasi manfaat cuddle atau pelukan bagi kesehatan. Foto: iStock


4. Meredakan Stres

Saat stres sebaiknya jangan buru-buru pergi ke mal atau tempat hiburan. Coba saja ajak pasangan atau keluarga untuk cuddle atau berpelukan. Manfaat cuddle adalah meredakan stres dan efeknya bisa langsung dirasakan.

Ketika cuddle atau memeluk seseorang, produksi hormon kortisol yang menyebabkan stres bisa terkontrol dan secara otomanis menurun. Cuddle atau pelukan juga membantu mengurangi rasa tegang.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat cuddle atau pelukan selanjutnya adalah meningkatkan rasa percaya diri. Berdasarkan sebuah studi, bayi yang mendapatkan sentuhan dan pelukan dari orangtua, akan merasa spesial dan disayangi.

Saat dewasa, kenangan mendapat pelukan dari orangtua akan terekam dan terbawa. Hasilnya, anak setelah dewasa akan lebih percaya diri karena membuatnya merasa berharga dan dicintai.


6. Memperkuat Otot

Studi dari University of California menunjukkan bahwa hormon oksitosin yang dilepaskan saat seseorang cuddle atau berpelukan bermanfaat memperlambat terjadinya kerusakan otot. Tak hanya membantu memperkuat otot, cuddle atau pelukan juga bermanfaat menjaga kesehatan secara keseluruhan.

7. Kekebalan Tubuh Meningkat

Melly Puspita Sari, Psi, M, NOLm Psychologist yang juga penulis buku 'The Miracle of Hug' mengatakan bahwa manfaat cuddle atau pelukan salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Dia mengatakan, pelukan yang diberikan pada orang dengan kondisi tubuh kurang sehat, sistem imunnya akan meningkat.

7 Manfaat Cuddle atau Pelukan Bagi Kesehatan dan Cara Melakukan yang BenarIlustrasi manfaat cuddle atau pelukan bagi kesehatan. Foto: iStock


Cara Cuddle atau Pelukan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Cuddle atau pelukan untuk mendapat manfaat kesehatan sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Peluk orang yang kamu sayangi sambil tersenyum sehingga kebahagiaan lebih terasa saat berpelukan.

"Saat berpelukan jangan langsung dilepas. Tahan beberapa detik sampai dia merasa nyaman," saran Melly.

Disarankan memeluk orang tersayang sesering dan setulus mungkin. Lakukan cuddle dengan sepenuh hati sampai salah satu atau kedua belah pihak mencapai titik kenyamanan.

Selain cuddle atau pelukan, sentuhan fisik lain seperti berpegangan tangan, meremas bahu atau mengusap kepala juga punya efek yang sama untuk kesehatan. Sentuhan-sentuhan tersebut menimbulkan rasa nyaman dan perasaan senang.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)