Pakai Tinder? Perhatikan Hal Ini agar Aman saat Berburu Jodoh

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 21 Jan 2020 22:02 WIB
Kencan di Tinder. Foto: iStock
Jakarta - Tinder sering kali digunakan oleh para jomblo. Mencari jodoh tentu bukan perkara mudah. Meski sering menemukan ketidakcocokan, tapi tak jarang pula yang berhasil ke jenjang pernikahan karena kenalan dari Tinder.

Tinder adalah aplikasi kencan terpopuler yang diperuntukkan untuk berkenalan dan bertemu dengan orang baru di mana pun dan kapan pun.


Pencarian jodoh dilakukan dengan swiper-left (usap kiri) jika kurang tertarik dengan calon atau swipe-right (usap kanan) jika dirasa ingin berkenalan. Nantinya pihak Tinder akan meranking pengguna berdasarkan yang paling banyak di swipe right hingga yang paling sedikit. Namun skor ini tidak muncul di publik dengan alasan tertentu.

Berikut seputar Tinder, aplikasi perjodohan online yang populer:

Paket Tinder

Ada dua jenis paket yang ditawarkan Tinder. Aplikasi Tinder Plus dan Tinder Gold, keduanya merupakan layanan berlangganan dengan fitur premium.

Tinder Plus, salah satu paket premium berlangganan yang ditawarkan dengan biaya mulai dari Rp 40 ribu per bulan. Sedangkan Tinder Gold dikenakan biaya Rp 400 ribuan per bulan.

Cara Menggunakan Tinder

Dilansir dari laman tinder.com, kamu bisa menggunakan aplikasi Tinder untuk iOS dan Android atau kunjungi website Tinder.com untuk menggunakan Tinder versi web. Berikut beberapa cara penggunaan secara basic untuk menjelajah prospek:

- Periksa kecocokan, aplikasi ini akan menyajikan gambar pada profil, usia, lokasi umum dari calon teman chatting kamu.
- Jika kamu menyukai profilnya, geser layar pada smarthphone dan klik gambar hati serta fotonya. Tulisan "Liked" akan muncul atau sebaliknya dengan mengetuk tanda "X"
maka pesan "Nope" akan tersedia di foto.
- Kamu bisa mencari teman sesuai dengan kriteria dan mengobrol dengan temannya dengan mengusap ke kiri atau kanan. Lebih mudahnya, perhatikan dengan benar perintah dari pengaturannya agar kamu tidak salah klik.

Tips Aman Bermain Tinder untuk mencegah hal yang tidak diinginkan:

1. Jangan Terlalu Terbuka

Pakai Tinder? Perhatikan Hal Ini agar Aman saat Berburu JodohTinder. Foto: iStock

Saat main Tinder, sebaiknya jangan terlalu terbuka soal identitas diri. Karena tujuan main Tinder adalah untuk berkenalan dan menambah teman tanpa harus mengungkap lebih detail identitas kamu.

Jika teman Tinder kamu menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi seperti bank account, nomor KTP, alamat lengkap hingga tempat tanggal lahir sebaiknya dihindari.

2. Hindari Berkirim Pesan dengan Foto atau Video

Tinder.Tinder. Foto: Dok. iStock

Jangan hanya melihat dari foto. Dan meskipun sudah kenal dekat, tetap hindari berkirim pesan foto atau video. Karena foto atau video kamu bisa saja disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Pilih Lokasi Ramai saat Bertemu

Tinder.Tinder. Foto: iStock

Setelah dekat melalui chatting di Tinder, tentu langkah selanjutnya yang biasa dilakukan adalah bertemu. Pastikan lokasi tempat kamu bertemu ramai atau kamu bisa ditemani oleh teman-teman, jangan sendirian.

4. Jangan Terburu-buru

Tinder. Tinder. Foto: Istimewa

Orang yang sudah lama kita kenal saja belum tentu bisa dipercaya, apalagi orang baru yang baru kenal di Tinder. Jangan karena diimingi sesuatu atau diberi janji, kamu dengan mudah memberikan sesuatu yang berharga milikmu.



Simak Video "Awas! Jerat Fakboi di Aplikasi Kencan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pay)