Ini Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang yang Perlu Kamu Ketahui

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 26 Des 2019 21:10 WIB
Ilustrasi Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang. Foto: Istimewa
Jakarta - Perasaan sangatlah rumit, terkadang kita sendiri mungkin bingung dan tidak mengerti apa yang kita rasakan. Bahkan saking rumitnya bisa membuat kita salah mengartikan perasaan saat jatuh cinta.

Rasa suka, cinta dan sayang itu berbeda. Oleh sebab itu kamu perlu benar-benar mengetahui dan memahami perbedaan dari ketiga rasa itu.

Rasa cinta dan sayang lebih besar dibandingkan dengan rasa suka. Kamu bisa dengan mudah menyukai seseorang. Misalnya jika bertemu dengan seseorang yang tampan dan sesuai dengan tipe ideal, maka kamu bisa merasakan suka. Namun itu bukan berarti kamu memiliki rasa cinta dan sayang padanya.

Suka adalah hal yang menuntut dan cinta adalah saling memberi dan menerima, sedangkan sayang adalah sebuah keikhlasan. Rasa sayang biasanya dimiliki seorang ibu ke anaknya, yang tidak terbatas dan mengharapkan imbalan. Begitu pun sebaliknya.

Rasa cinta dan sayang memang hampir mirip, hanya saja rasa sayang biasanya tak bersyarat dan lebih ditujukan kepada keluarga, orangtua, dan anak.


Berikut ini 10 perbedaan rasa cinta, sayang dan suka seperti dikutip dari Scoopwhoop.

1. Suka: Kamu berusaha berpakaian dan terlihat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasanganmu. Tak jarang kamu bahkan tidak menyadari bahwa kamu mulai berubah dan tidak terlihat seperti dirimu sendiri. Semua hal ini kamu lakukan demi mendapatkan perhatian darinya.

Cinta: Penampilan bukanlah fokus utamamu. Kamu tidak terlalu sadar akan penampilanmu sendiri saat bersamanya karena kamu tahu bagaimanapun penampilanmu, dirinya akan tetap mencintaimu.

Ini Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang. Foto: iStock


2. Suka: Kamu selalu berusaha menghabiskan waktu bersamanya setiap saat. Kamu tidak ingin pasanganmu tersebut menghabiskan waktu dengan orang-orang lain, seperti dengan teman-temannya. Kamu hanya menginginkannya untuk dirimu sendiri tanpa mempertimbangkan apa yang dibutuhkan dan dirasakan pasanganmu.

Cinta: Kamu membiarkannya untuk menghabiskan waktu bersama orang lain. Kamu tahu bahwa hidupnya tidak hanya selalu tentangmu, dia juga memiliki teman dan keluarga yang disayanginya.

Ini Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang. Foto: TvN


3. Suka: Kamu hanya ingin menghabiskan waktu berdua dengannya. Kamu tidak ingin ada yang mengganggu atau menghalangi waktu kalian untuk berduaan.

Cinta: Kamu ingin pasanganmu menemui orang-orang yang kamu kenal, seperti sahabat atau keluargamu. Kamu ingin memperkenalkannya kepada orang-orang yang juga kamu sayangi. Kamu ingin membawanya benar-benar masuk ke dalam hidupmu.

4. Suka: Kamu mengaguminya karena dirinya sangat sempurna dimatamu. Kamu melihatnya sebagai sosok impianmu yang mampu mewujudkan semua keinginanmu. Bagimu, dirinya adalah idolamu.

Cinta: Kamu mengaguminya walaupun kamu tahu bahwa dirinya tidak sempurna. Namun kekurangannya tersebut sama sekali tidak merubah rasamu kepadanya.


5. Suka: Kamu berusaha keras melakukan hal-hal yang bisa membuatnya terkesan.

Cinta: Kamu merasa bisa menjadi dirimu sendiri dan tidak perlu melakukan hal-hal yang hanya bertujuan untuk mengesankan pasanganmu. Kamu tidak merasa bersalah jika kamu tidak bisa membuat pasanganmu terkesan.

Ini Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang. Foto: (dok. IMDB)


6. Suka: Kamu tidak berbicara sama sekali pada pasanganmu saat sedang bertengkar. Kamu lebih mementingkan rasa egoismu.

Cinta: Kamu menghentikan pertengkaran dengan mengenyampingkan egomu dan lebih memilih untuk berbicara dengannya. Kamu tahu bahwa kamu memiliki banyak hal yang perlu dibicarakan dengannya dan diam tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

7. Suka: Kamu ingin pergi bersamanya. Kamu ingin selalu melakukan hal-hal yang menyenangkan bersamanya, seperti liburan bersama, jalan-jalan, atau nongkrong bersama.

Cinta: Kamu ingin menetap bersamanya. Kamu selalu ingin bersamanya, tidak hanya dalam keadaan suka melainpun duka. Apapun yang yang terjadi kamu akan tetap bersamanya.

Ini Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang yang Perlu Kamu KetahuiFoto: Dok. TvN


8. Suka: Kamu marah saat dirinya tidak membalas pesanmu tanpa mempertimbangkan apa yang mungkin sedang dilakukan oleh pasanganmu. Saat dirinya tidak membalas, kamu tidak berpikir panjang dan langsung marah.

Cinta: Saat pasanganmu tidak membalas pesanmu, kamu mengerti bahwa dirinya juga membutuhkan waktu sendiri dan memiliki kesibukan lain. Kamu tidak akan bersikap egois dan marah karena hal ini.

9. Suka: Jika kamu sakit, maka pasanganmu akan mengirimimu pesan-pesan yang menunjukkan kekhawatirannya padamu, seperti, semoga cepat sembuh, jangan lupa minum obat, atau jangan lupa makan.

Cinta: Pasanganmu tidak hanya memberikan perhatian melalui pesan-pesan singkatnya atau telephone, melainkan langsung mendatangimu dengan membawakanmu makanan dan yang kamu butuhkan.

Ini Bedanya Rasa Suka, Cinta dan Sayang yang Perlu Kamu KetahuiFoto: ist


10. Suka: Kamu dan pasangan mungkin akan merayakan hari jadian kalian setiap bulannya. Sehingga lamanya usia pacaran kalian akan sangat terasa.

Cinta: Kamu dan pasangan tidak akan menyadari kalau kalian ternyata sudah cukup lama bersama. Kalian berdua terlalu saling merasa nyaman hingga tidak menyadari hal tersebut dan merasa bahwa waktu berjalan sangatlah cepat.

Demikianlah perbedaan rasa suka, cinta, dan sayang yang banyak membuat orang menjadi bingung. Membedakan rasa suka, cinta, dan sayang ini cukup penting agar kamu tidak salah mengartikan perasaan si dia dan juga perasaanmu sendiri.

Simak Video "Anggunnya Cinta Laura dengan Busana Hudoq di JFC 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)