4 Jenis Karakter Manusia, yang Manakah Kalian?

Virgina Maulita Putri - wolipop Senin, 18 Nov 2019 21:06 WIB
4 Jenis Karakter Manusia, yang Manakah Kalian? Foto: iStock 4 Jenis Karakter Manusia, yang Manakah Kalian? Foto: iStock

Jakarta - Setiap manusia tentu memiliki karakter dan kepribadiannya masing-masing. Karakter manusia juga terus diteliti oleh berbagai teori kepribadian, termasuk teori empat temperamen.

Teori empat temperamen termasuk salah satu teori kepribadian dasar manusia tertua yang ada. Teori ini dikembangkan oleh Hippocrates, seorang dokter dari era Yunani Kuno.



Hippocrates membagi karakter manusia dalam empat jenis yaitu koleris, sanguinis, melankolis dan plegmatis. Seperti apa deskripsi masing-masing kepribadian ini? Simak penjelasan berikut yang dirangkum Wolipop:

1. Koleris

Orang dengan temperamen ini merupakan sosok yang ambisius, kompetitif, fokus dengan tujuannya dan sering "mendaki" ke posisi yang lebih tinggi di tempat kerja.

Orang dengan kepribadian ini tidak sering marah, tapi mereka termasuk orang yang sangat tegas dan hal ini sering disalahartikan sebagai marah. Mereka merupakan orang-orang yang visioner dan tidak pernah kehabisan ide.

Mereka memiliki tendensi untuk memimpin dan mengambil alih kendali. Bidang pekerjaan yang cocok untuk orang dengan karakter ini adalah yang terkait dengan bisnis, hukum, teknologi, teknik dan statistik.

2. Sanguinis

Sanguinis merupakan salah satu temperamen yang paling fleksibel dibanding ketiga temperamen lainnya. Mereka termasuk orang yang people-oriented dan sering mengajak orang lain untuk bekerjasama dalam kelompok.

Karakter lainnya dari orang sanguinis adalah ekstrovert, ceria, impulsif, ekspresif dan penyayang. Walau begitu, mereka termasuk orang yang kompetitif. Mereka sering terlibat dalam kegiatan olahraga karena keinginan mereka untuk selalu aktif dan dekat dengan orang banyak.

Bidang pekerjaan yang cocok untuk sanguinis antara lain sales, public relations, customer service, marketing dan dunia hiburan.



3. Melankolis

Orang dengan temperamen ini cenderung privat, introvert, analitis dan faktual dalam berkomunikasi. Mereka membutuhkan informasi, waktu untuk berpikir dan rencana yang detail agar bisa berfungsi secara efektif.

Orang melankolis cenderung pemalu dan curiga terhadap orang baru hingga mereka benar-benar mengetahui tujuan orang tersebut. Mereka juga sering sensitif terhadap apa yang orang lain pikirkan tentang pekerjaan mereka.

Melankolis termasuk orang-orang yang sangat rapi dan tertata. Jenis pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah riset, seni, sains, akuntansi, administrasi dan kerja sosial.

4. Plegmatis

Manusia dengan temperamen ini cenderung pasif dan tidak begitu ambisius. Karakteristik mereka cenderung introvert, tenang, tidak emosional, santai, sabar dan ragu-ragu.

Untuk menghadapi orang dengan temperamen ini sangat mudah. Mereka cenderung lambat untuk didekati, tapi akan terbuka asal kalian tidak mencoba mengubah mereka.

Plegmatis jarang memaksakan diri dan mendorong karier mereka. Cenderung sebagai team player yang bagus, pekerjaan yang cocok untuk mereka antara lain di perawat, pendidikan, psikologi, kerja sosial atau sebagai administrasi di kantor.

Simak Video "Bentuk Bibir Ungkap Kepribadian Pemiliknya, Kamu yang Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)