7 Ciri Kepribadian INTP, Si Pemikir yang Tidak Suka Aturan

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 07 Nov 2019 21:09 WIB
7 Ciri Kepribadian INTP, Si Pemikir yang Tidak Suka Aturan Foto: Business Insider UK 7 Ciri Kepribadian INTP, Si Pemikir yang Tidak Suka Aturan Foto: Business Insider UK

Jakarta - Beberapa tahun terakhir tes kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) sempat menjadi trending. Tes ini membagi kepribadian manusia ke dalam 16 tipe, salah satunya INTP atau introversion (I), intuition (N), thinking (T) dan perception (P).

Setiap kepribadian pasti memiliki ciri dan karakteristiknya masing-masing, begitu juga kepribadian INTP yang dikenal sebagai pemikir. INTP sendiri merupakan jenis kepribadian yang cukup jarang ditemukan, apalagi pada wanita.



Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja ciri dan karakteristik pemilik kepribadian INTP, simak fakta-fakta unik berikut yang dirangkum Wolipop:

1. Analis dan Pemikir

Seseorang dengan kepribadian INTP melihat dunia sebagai mesin yang rumit dan saling terhubung. Mereka bisa menganalisis hubungan ini dengan sangat baik dan bisa melihat bagaimana hal yang tidak terhubung sebenarnya terkait satu sama lain.

2. Imaginatif

Hubungan yang dianalisis kepribadian INTP merupakan hasil dari imajinasi mereka yang liar. Ide mereka kadang sedikit tidak nyambung, tapi ide tersebut selalu terbukti inovatif.

3. Berpikiran Terbuka

Kepribadian INTP sangat terbuka terhadap berbagai teori, termasuk yang saling bertolak belakang, selama teori tersebut didukung oleh logika dan fakta.

Dalam hal yang lebih subjektif, seperti norma sosial dan tradisi, mereka cenderung liberal dan tidak ingin ikut campur dengan urusan orang lain.

4. Antusias

Ketika menemukan hal baru yang menarik perhatiannya, seseorang dengan kepribadian ini bisa menjadi sangat antusias. Walau cenderung pendiam, ketika menemukan orang lain yang sama-sama menyukai hal tersebut, mereka tidak akan berhenti mendiskusikannya.



5. Jujur

Orang dengan kepribadian INTP mungkin tidak akan secara langsung melukai perasaan orang lain. Tapi mereka percaya bahwa kejujuran dan kebenaran merupakan hal paling penting sehingga membuat mereka berbicara apa adanya.

6. Tertutup

Walau tingkat intelektual INTP bisa memberi wawasan baru bagi orang di sekelilingnya, mereka justru menganggap orang lain sebagai gangguan. Mereka cenderung pemalu jika berada di lingkungan sosial, bahkan cenderung tertutup dengan teman dekat mereka.

7. Tidak Suka Aturan

Kesulitan bersosialiasi sepertinya merupakan hasil dari keinginan kepribadian INTP untuk tidak mengikuti aturan. Walau sifat ini bisa membantu kreativitas mereka yang cenderung tidak konvensional, sifat ini juga bisa menghambat rasa aman dan otonomi mereka.

Simak Video "Pria Jepang Ini Nikahi Boneka Karakter Animenya!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)