Hubunganmu Dengannya Cinta atau Nafsu? Ini 5 Cara Membedakannya

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 16 Okt 2019 21:13 WIB
Hubungan Dengan Pacar Merupakan Cinta Sejati atau Nafsu? Foto: iStock Hubungan Dengan Pacar Merupakan Cinta Sejati atau Nafsu? Foto: iStock

Jakarta - Bagaimana cara mengetahui yang kamu rasakan padanya cinta atau nafsu? Coba jawab lima pertanyaan ini untuk mengetahui beda cinta dan nafsu.

Sangat penting untuk mengetahui perasaan asli yang sesungguhnya dirasakan oleh kamu dan pasangan. Namun memang terkadang sangat sulit membedakan antara cinta dan nafsu.

Ada beberapa perbedaan antara perasaan cinta sejati atau cinta hanya karena nafsu semata. Kamu mungkin merasa bahwa kamu sungguh-sungguh tulus mencintai pasanganmu, padahal sebenarnya perasaanmu tersebut hanyalah nafsu belaka. Untuk mengetahuinya, seperti dikutip dari The Date Mix, berikut ini lima pertanyaan yang bisa membantumu menentukan cinta sejati atau nafsukah yang kamu rasakan?

1. Seberapa sempurna pasanganmu?

Nafsu: Kamu merasa bahwa pasanganmu sangat sempurna dan tidak memiliki kekurangan. Bagimu tidak ada hal yang salah yang dilakukan olehnya, karena kamu sudah terlalu mengidolakannya. Semua tentang dirinya adalah hal yang menarik, bersinar, dan baru.

Cinta: Kamu tetap mencintai pasanganmu walaupun kamu tahu bahwa pasanganmu tersebut tidaklah sempurna. Kamu menghargai ketidaksempurnaan pasanganmu dan tetap memilih untuk terus bersamanya. Tak hanya pasanganmu, kamu juga merasa bahwa dirimu tidaklah sempurna sehingga akan menerima kekurangan-kekurangan yang pasanganmu miliki.


2. Seberapa peduli kamu pada penampilan?

Nafsu: Kamu merasa penampilan fisik sangatlah penting. Inilah alasan mengapa kamu selalu berdandan maksimal tiap kali akan bertemu dengan pasanganmu. Menurutmu ini adalah cara yang baik untuk menarik perhatian satu sama lain. Kamu terobsesi untuk tampil dengan prima dan sempurna karena kamu merasa perlu untuk membuat pasanganmu terkesan.

Cint : Kamu menggunakan pakaian apapun yang bisa membuatmu merasa nyaman. Kamu juga tidak merasa perlu untuk menggunakan makeup karena kamu tahu bahwa pasanganmu menyukai dirimu yang apa adanya. Yang terpenting bagimu bukanlah penampilan, melainkan rasa nyaman antara satu sama lain.

3. Seberapa sering kamu melakukan hal-hal bersama selain untuk bermesraan?

Nafsu: Kamu dan pasangan menghabiskan banyak untuk bermesraan. Mesra-mesraan dengan si dia memang menyenangkan sehingga kamu akan menghabiskan waktumu sepanjang hari hanya untuk melakukan hal itu. Kamu tidak merasa perlu untuk terhubung dengannya dengan cara yang lain seperti, melakukan percakapan atau melakukan kegiatan lain bersama.

Cinta: Bermesraan bagimu bukanlah satu-satunya cara yang membuatmu terhubung dengan pasangan. Kamu terhubung dengan pasangan dengan cara-cara lain, seperti mencoba kegiatan-kegiatan baru bersama. Kamu bahkan merasa tidak masalah jika tidak bermesraan dalam jangka waktu yang cukup lama karena kamu tahu hubunganmu tidak hanya sebatas pada nafsu saja.


4. Seberapa dalam percakapan antara kamu dan pasangan?

Nafsu: Kamu lebih suka hidup di dunia fantasimu. Kamu mungkin akan lebih memilih menghabiskan waktu untuk mengobrol tentang rasa cintamu padanya. Kamu tidak ingin benar-benar mendiskusikan tentang perasaanmu yang sesungguhnya ataupun mengenai hal-hal yang lebih serius, seperti rencana untuk masa depan kalian berdua.

Cinta: Kamu dan pasangan suka menghabiskan waktu dengan melakukan percakapan mengenai hal-hal apapun, termasuk perasaan kalian berdua. Kalian sama-sama peduli dan bisa saling menghargai perasaan serta pemikiran antara satu sama lain. Selain itu kalian juga merasa saling termotivasi dan sama-sama berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Seberapa banyak kamu dan kekasih bisa berkompromi?

Nafsu: Karena kamu terlalu mengidolakannya, kamu mungkin mengacuhkan hal-hal yang sebenarnya mengganggumu. Kamu bahkan tetap berusaha menerima dan berkompromi pada hal-hal yang mungkin tidak seharusnya kamu terima. Seperti, kamu mungkin sebenarnya tidak menyukai caranya mengatur keuangan atau cara dia berbicara kepada pelayan restoran. Kamu diam karena ingin terus mempertahankan hubungan ini. Jika kamu terus berkompromi dan menerima semua hal-hal ini, di masa depan ini bisa menjadi bumerang bagi hubunganmu dan dirimu sendiri.

Cinta: Jika ada hal yang kamu tidak sukai dari pasanganmu maka kamu akan berusaha membicarakannya secara baik-baik. Kamu tahu benar bahwa hubungan yang baik membutuhkan kejujuran dan keterbukaan antara satu sama lain. Kamu melakukan hal ini karena kamu menginginkan pasanganmu berubah ke arah yang lebih baik dan begitupun sebaliknya. (vio/vio)