5 Tips Mengakhiri Hubungan Cinta yang Tidak Sehat

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 19 Sep 2019 08:08 WIB
Foto: Dok. istock Foto: Dok. istock

Jakarta - Jika kamu merasa ada dalam hubungan yang tidak sehat, maka tak perlu ragu untuk menyudahinya. Namun terkadang memang sangat sulit untuk memutuskan hubungan dengan seseorang, apalagi jika jalinan cinta itu sudah berlangsung lama.

Buat kamu yang masih ragu untuk keluar dari hubunganmu yang tidak sehat, berikut ini lima tips untuk membantumu move on seperti dikutip dari Your Tango.

1. Berhenti Mengharapkan Akhir Yang Baik
Dalam hubungan yang sehat, ketika ternyata harus berakhir, biasanya tak lantas pasangan menjadi bermusuhan. Berbeda dengan hubungan yang tidak sehat yang kurang memiliki empati dan pengertian antara satu sama lain. Sehingga pasangan yang putus cinta karena hubungan mereka tidak sehat pada umumnya tidak akan baik-baik saja. Malah bisa saja satu pihak tidak terima dan melakukan konfrontasi. Hal ini yang harus kamu persiapkan saat akan memutuskan cinta dengan si dia yang selama ini menjadi toxic dalam hidupmu.

2. Luangkan Waktu Untuk Berpikir Mengenai Hubunganmu
Orang-orang yang berada dalam hubungan yang tidak sehat terkadang merasa sulit untuk memutuskan karena mereka merasa tidak sanggup untuk hidup sendiri tanpa pasangan. Dan pihak yang menjadi racun dalam hubungan ini bisa memberikan 'ancaman' yang membuat kamu jadi mengurunkan niat untuk mengakhiri hubungan. Misalnya dengan mengatakan kamu tidak akan menemukan orang lain yang mencintaimu lagi, kamu tidak layak menerima cinta, atau hal-hal menakutkan lainnya yang membuat kamu menjadi ragu untuk mengatakan putus.

Kamu perlu menjauh dari hubunganmu yang tidak sehat untuk membuatmu dapat berfikir lebih jernih. Ingatkan dirimu bahwa setelah putus nanti kamu memiliki kehidupan lebih baik yang menunggumu. Orang-orang yang telah berhasil mengakhiri hubungan tidak sehat ini biasanya akan terkejut dengan apa yang mereka dapatkan setelah keluar dari hubungan tersebut.

3. Curhat Dengan Teman yang Kamu Percaya
Jika kamu menginginkan pengingat maka jangan lupa untuk menghubungi orang-orang terdekatmu yang mengetahui persoalan dari hubunganmu tersebut. Ini akan membuatmu kembali mengingat mengapa hubungan yang kamu jalani tidaklah sehat dan apa yang akan kamu dapatkan setelah putus nanti.

Dukungan dari teman-temanmu akan membuatmu lebih bersemangat dan membantumu terlepas dari kegalauan yang kamu alami. Ingatlah hubungan yang tidak sehat bisa menurunkan harga dirimu, membuatmu ragu membuat penilaian, bahkan depresi.


4. Katakan Keinginanmu Dengan Jelas dan Sederhana
Setelah kamu telah benar-benar yakin maka katakanlah keinginanmu tersebut kepada pasanganmu dengan kalimat yang jelas dan sederhana. Cobalah untuk membuat pasanganmu mengerti. Sebutkan alasan mengapa kamu ingin menyudahi hubunganmu cinta dengannya.

Katakanlah dengan jujur, seperti 'Menurut saya lebih baik jika kita berpisah dan saya ingin melakukannya sekarang.' Tak perlu merinci apa saja permasalahan hubungan kalian. Mengatakan alasanmu dengan detail justru akan membuatmu kembali disalahkan oleh pasanganmu.


5. Batasi Komunikasi Setelah Putus
Saat kamu telah berhasil keluar dari hubungan yang tidak sehat, maka penting bagimu untuk membatasi diri dengan dia yang kini sudah menjadi mantanmu. Kamu harus berhenti melakukan komunikasi yang terlalu sering dengannya. Saat kamu berhenti berkomunikasi dengannya, kamu memberikan dirimu kesempatan untuk merasakan bagaimana rasanya hidup tanpa toxic people. Hal ini akan memberikan motivasi dalam dirimu untuk semakin memiliki cinta baru yang lebih baik.

Simak Video "Bim Salabim! Spanduk Bekas Berubah Jadi Tas Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)