Viral Video Siswa SMP Pacaran Tukar Cincin di Kelas, Dihujat Netizen

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 14 Sep 2019 07:04 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock

Jakarta - Baru-baru ini sebuah video yang menunjukkan siswa SMP sedang berpacaran di kelas jadi viral. Video tersebut pun dihujat netizen karena dianggap tidak pantas.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah itu terlihat pria berseragam pramuka memakaikan cincin pada pacarnya di kelas seolah sedang bertunangan. Video yang telah dilihat 1,1 juta lebih itu pun memperlihatkan adegan dua sejoli ini saling cium tangan. Tak hanya itu, siswa pria ini juga mencium kening kekasihnya.

Banyak netizen merasa geli dan jijik melihat aksi romantis dua sejoli yang masih duduk di bangku SMP ini. Beberapa dari mereka pun mengkritik karena sudah semestinya tugas siswa adalah belajar, bukan pacaran.

[Gambas:Instagram]



"Pengen muntah," kritik netizen.

"Generasi siapa sih itu. Ingin kutampar rasanya," komentar netizen.

"Nauzubilahmindalik pacaran zaman anak sekarang pikirannya sudah tua banget, buru-buru ingin nikah, padahal nikah itu rumit dengan segala isinya," tambah lainnya.

Tertarik dengan lawan jenis dan pacaran di usia remaja memang menjadi fenomena yang sering dijumpai. Sayangnya, remaja SMP yang rata-rata usianya berkisar 12 sampai 15 tahun dianggap belum cukup ideal untuk menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis, karena pertumbuhan dan perkembangan emosi yang masih labil.

Menurut dokter anak dari Denvar Health Medical Center di Amerika Serikat, dr Ron Eagar, biasanya perkembangan psikologis dan kedewasaan seseorang sudah cukup baik pada usia 16 tahun. Karena itu, sang dokter pun mengungkapkan usia ideal untuk mulai berpacaran adalah 16 tahun ke atas.

Hal tersebut juga disampaikan oleh psikolog klinis Leslie Beth Wish yang percaya bahwa anak berusia 15 sampai 16 tahun biasanya sudah mulai dekat dengan lawan jenis. Hal tersebut pun lumrah, tapi anak-anak baru benar-benar siap menjalin hubungan romantis setelah menginjak usia 16 tahun.



Remaja yang menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis juga perlu mematuhi norma-norma yang berlaku. Pacaran yang sehat dan baik pastinya tidak melanggar peraturan yang ada di masyarakat. Kemudian, tidak melakukan hal-hal yang bisa memancing terjadinya seks bebas.

"Apalagi kalau bisa saling memotivasi untuk meningkatkan prestasi itu bagus sekali. Jangan sampai melakukan seks bebas, kalau memang laki-laki ini sayang sama pacarnya, jangan dirusak dong si ceweknya ini. Harusnya malah dijaga dengan tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah," jelas psikolog Rahmadani Hidayatin seperti dikutip dari Detik Health

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)