6 Tipe Pasangan 'Toxic' yang Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Mentalmu

Vina Oktiani - wolipop Senin, 19 Agu 2019 10:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Saat-saat pertama berkencan dengan pasanganmu mungkin kamu akan melihatnya sebagai sosok yang sempurna. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, maka kamu baru akan menyadari sifat asli dari pasanganmu. Dia mulai berbuat kasar sampai terlalu mengatur. Bisa jadi pasanganmu adalah tipe 'toxic people'.

Hati-hati dalam menjalani hubungan dengan tipe orang yang 'beracun'. Jika terus bertahan, maka bisa berpengaruh pada kesehatan mentalmu. Kenali tanda-tanda pasangan toxic.

1. Kasar
Orang yang sesungguhnya memiliki sifat kasar belum tentu terlihat seperti orang jahat dari luarnya. Terkadang mereka bisa terlihat baik, ramah, bahkan melankolis. Namun sesungguhnya, setelah mereka merasa memiliki kuasa atas orang lain, maka mereka akan menunjukkan karakter kasarnya tersebut.

2. Selalu Mengeluh
Kita semua pasti pernah merasakan perasaan sedih dan kecewa yang pada akhirnya mengeluh dengan keadaan. Tapi orang yang terlalu sering mengeluh tentang kehidupan menjadi tanda bahwa tipe orang yang sulit bahagia. Lama-kelamaan, dia akan mengeluhkanmu dengan mencari-cari kesalahanmu.

3. Kekanak-kanakan
Dengan pasangan, pasti ada masa bahwa ingin bermanja-manjaan. Sifat kekanakan kadang datang di momen-momen tertentu. Tapi jika sifat kenakan pasangan lebih dominan hingga menutupi sifat dewasanya, maka kamu harus wasapda. Tentu saja lelah menghadapi sifat pasangan yang kekanakan. Mereka cenderung ketergantungan dengan pasangannya.


4. Tidak Memiliki Emosi
Pasangan yang terlalu emosi tentu saja tidak benar, begitu juga dengan mereka yang tidak memiliki emosi. Tanpa adanya emosi maka hubungan akan terasa hambar. Ini juga bisa mengindikasikan bahwa mungkin pasanganmu tidak tertarik pada hubungan yang sedang dijalani. Orang-orang yang tidak memiliki emosi dalam suatu hubungan cenderung tidak mau berusaha untuk kemajuan hubungan.

5. Narsis
Mencintai diri sendiri sangatlah bagus, namun kalau sudah terlalu berlebihan, maka itu bisa disebut egois. Jika pasanganmu memiliki sifat seperti ini, itu tanda dia memiliki sifat narsis. Sifat ini dapat terlihat dari seberapa sering pasanganmu mengatakan "aku....." jika sangat sering, maka pasanganmu tergolong orang yang narsis. Jika pasanganmu tidak tertarik dengan hal lain, hanya tertarik pada dirinya sendiri, maka kamu hanya akan dianggap sebagai bayangannya.

6. Terlalu Perfeksionis
Karakter perfeksionis tidak selalu baik, terlebih dalam suatu hubungan. Jika memiliki pasangan yang perfeksionis maka mereka akan selalu mengkritikmu dan berusaha mengaturmu. Mereka kerap kali mengatur seluruh bagian hidupmu, bahkan pakaian dan makeup yang kamu pakai bisa jadi bahan kritiknya. Orang-orang perfeksionis hanya akan mencintai hal-hal yang sempurna di mata mereka.



Simak Video "Anggunnya Cinta Laura dengan Busana Hudoq di JFC 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/kik)