Cara Menghilangkan Rasa Cemburu yang Berlebihan

Vina Oktiani - wolipop Senin, 12 Agu 2019 07:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Memiliki kecemburuan saat kamu menjalani suatu hubungan adalah hal yang normal, namun yang menjadi masalah adalah jika perasaan cemburumu sudah berlebihan. Cemnuru yang berlebihan hanya akan menghancurkan hubunganmu.

Perasaan cemburu yang tidak normal, seperti terlalu berpikir negatif pada pasanganmu hingga menjadi posesif pada akhirnya justru akan memicu pertengkaran hebat dengan pasangan. Oleh sebab itu inilah cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan.

1. Mengetahui Penyebab Kecemburuanmu
Cara paling awal untuk mencegah sikap cemburumu ialah dengan benar-benar memahami apa yang menjadi penyebab rasa cemburu. Ada sangat banyak penyebabnya, seperti mungkin karena kamu takut kehilangan orang yang kamu cintai hingga takut dengan kesendirian. Bisa juga karena trauma masa lalu yang membuatmu takut akan terulang kembali.

Kecemburuan bisa datang karena kamu memiliki kepercayaan diri yang rendah. Misalnya kamu tidak merasa cantik sehingga kamu akan selalu merasa cemburu setiap melihat orang yang lebih cantik darimu. Ketika perasaan rendah diri menghinggap, kamu mulai berasumsi bahwa pasanganmu lebih memperhatikan wanita lain karena dia lebih baik darimu. Oleh sebab itu, agar kamu tidak merasa cemburu, maka berhentilah membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.

2. Jangan Terlalu Mengekang Pasanganmu
Jangan terlalu membatasi atau mengekang pasanganmu. Pria sangat tidak menyukai jika ada orang yang membatasi kebebasannya dan terlalu mengatur. Bagi pria, kebebasan adalah kekuatan yang memberi mereka keberanian untuk menghadapi dunia. Jadi jangan pernah melarang mereka untuk pergi bersama teman-temannya. Karena sikap cemburu dan ketakutanmu justru akan membuat dirimu menjauh dari pasanganmu, selain itu juga dapat membuat pasanganmu berpikir bahwa kamu terlalu posesif.

3. Abaikan Perasaan Cemburumu
Saat kamu merasa cemburu, maka cobalah untuk jangan terlalu memikirkannya. Kamu bisa melakukan hal-hal yang membuatmu tetap sibuk sehingga kamu tidak akan terlalu mempedulikan perasaan cemburumu. Seperti dengan bepergian bersama teman-temanmu atau memanjakan dirimu ke salon atau kegiatan lainnya yang bisa mengalihkan perhatianmu. Jika alasan cemburumu adalah karena pengalaman buruk yang pernah kamu alami, maka cobalah untuk memaafkan dan melupakannya. Jangan pernah menyamakan pasanganmu dengan orang yang dahulu pernah menyakitimu. Dan yang terpenting adalah cobalah untuk mengontrol pikiranmu. Jangan memikirkan hal-hal yang negatif tentang pasanganmu karena belum tentu hal negatif tersebut benar.

4. Cemburu Hanya Membuang-Buang Waktu
Padahal kamu bisa bersenang-senang menghabiskan waktu bersama pasanganmu, tapi jika kamu mulai cemburu dan berprasangka buruk maka kamu akan mulai berperilaku negatif juga. Beberapa wanita yang merasa cemburu biasanya akan mulai menghabiskan waktunya untuk mencari tahu media sosial, email, dan pesan chat milik pasangannya.

Pikirkan berapa banyak waktu yang sudah kamu habiskan karena pikiran cemburumu dan membuatmu berusaha mencari bukti2 dari pikiran negatifmu padahal hal tersebut tidaklah ada. Dengan berpikir demikian tidaklah membuatmu menjadi orang yang lebih baik. Itu hanya membuatmu menjadi lebih stress memikirkan hal yang belum tentu kebenarannya.

5. Bicarakan Rasa Cemburumu Pada Pasangan
Cobalah untuk terbuka dan bicarakan perasaanmu pada sang pacar. Mengapa kamu merasa cemburu dan buatlah pasanganmu mengerti akan apa yang kamu rasakan. Bersikap terbuka dengan mengatakan perasaanmu yang sejujurnya pada pasangan dapat mengatasi rasa emosionalmu dan menjadi lebih tenang. Sehingga kamu bisa mengetahui dengan pasti apa yang sebenarnya, bukan hanya menduga-duga.

6. Berhenti Menyamakan Dirimu Dengan Orang Lain
Terkadang membandingkan dirimu dengan orang lain tidak selamanya menjadi hal yang buruk, tergantung pada apa yang kamu bandingkan. Kalau perbandinganmu membawa dampak positif yang bisa membuatmu terinspirasi untuk mengikuti kesuksesan orang tersebut, maka itu adalah hal yang baik. Namun jika sebaliknya, jika perbandinganmu justru membawa pengaruh negatif dan membuatmu merasa tidak berguna, maka saat itulah kamu harus mulai berhenti untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu mungkin akan menjadi stalker yang handal untuk orang-orang yang kamu idolakan, lalu kamu bisa menjadi stress karena ulah stalkermu sendiri. Cobalah untuk melihat sisi positif dari dirimu yang membuat sang pacar memilihmu. Dan ingatlah pasanganmu bahagia dengan dirimu sendiri tanpa perlu mengikuti orang lain.

7. Percaya Pada Pasanganmu
Yang terpenting dari semuanya adalah rasa percaya antara kamu dan pasanganmu. Karena dengan mempercayai pasanganmu, kamu bisa membuatnya merasa bisa diandalkan dan bertanggung jawab. Namun jika kamu tidak mempercayai pasanganmu maka kamu akan merasa sangat sulit untuk dekat dengannya. Tentunya tidak memiliki kepercayaan dalam hubungan akan merusak hubungan itu sendiri.

Simak Video "Bim Salabim! Spanduk Bekas Berubah Jadi Tas Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/kik)