Riset: Orang Ganteng dan Cantik Susah Punya Hubungan Cinta yang Awet

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 08 Agu 2019 19:35 WIB
Ilustrasi pasangan. Foto: Thinkstock Ilustrasi pasangan. Foto: Thinkstock

Jakarta - Memiliki wajah yang rupawan tentunya akan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. Selain enak dipandang, memiliki wajah dan tubuh yang sempurna juga bisa membuat mereka lebih beruntung karena miliki banyak kelebihan di hidupnya.

Ekonom terkenal Daniel Hamermesh dalam bukunya 'Beauty Pay' menyebutkan bahwa orang-orang berwajah cantik atau ganteng cenderung mudah mendapat pekerjaan, bekerja lebih produktif dan menguntungkan, menerima gaji yang lebih besar, mendapatkan persetujuan pinjaman, menegosiasikan pinjaman dengan persyaratan yang lebih baik, dan memiliki pasangan yang lebih tampan serta berpendidikan tinggi.

Namun ternyata segala hal positif dari para pemilik wajah tampan dan cantik ini tidak terjadi dalam kehidupan cinta mereka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, seperti dikutip dari Brightside, orang berwajah rupawan cenderung tidak dapat menjalani hubungan jangka panjang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, orang-orang yang memiliki wajah dan tubuh sempurna cenderung tidak pernah bertahan lama dalam menjalani suatu hubungan. Kenapa? Daya tarik yang dimiliki pemilik wajah rupawan ini membuat mereka memiliki lebih banyak alternatif. Kemungkinan pemilik wajah rupawan beralih ke alterntif-alternatif lain yang mereka miliki ini akan semakin meningkat ketika berada dalam suatu hubungan yang bagi mereka tidak memuaskan.



Selain itu orang-orang berparas tampan dan cantik ini cenderung menghindari hal-hal sulit di dalam suatu hubungan. Sehingga ketika hal sulit datang, mereka akan lebih memilih kabur dan mencari alternatif lain yang memang mudah mereka dapatkan.

Penelitian Harvard juga memeriksa dampak relasional dari daya tarik fisik seseorang. Mereka menganalisa empat riset yang sudah dilakukan mengenai topik tersebut. Dari salah satu riset yang dianalisa terungkap bahwa mereka yang dinilai lebih menarik dalam buku tahunan sekolah menengah cenderung tidak memiliki pernikahan langgeng atau menikah hanya dalam jangka waktu yang pendek. Penelitian serupa juga dilakukan pada selebriti-selebriti terkenal dan hasil yang sama terjadi.

Simak Video "Unik! Pengantin Baru Ini Abadikan Momen Pernikahan di Bawah Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)