Ketemu Mantan di Reuni Lebaran? Ini yang Perlu Diingat Biar Nggak Baper

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 07 Jun 2019 09:57 WIB
Foto: Istock Foto: Istock

Jakarta - Lebaran di kampung halaman identik dengan acara reuni sekolah. Dan saat reuni ini bisa jadi orang yang akan kamu temui adalah mantan kekasih.

Nostalgia pun akan terjadi ketika bertemu dengan teman-teman lama di sekolah, salah satunya tentu mantan kekasih dulu. Mengenang masa-masa indah saat pacaran di usia muda ini bisa membuat sebagian orang jadi baper atau terbawa perasaan.

Buat kamu yang takut baper saat ketemu mantan di acara reuni, berikut beberapa hal yang perlu diingat agar terhindar dari baper atau malah CLBK (cinta lama bersemi kembali):

1. Hindari Bersikap Manis
Saat bertemu mantan, hindari bersikap manis bahkan cenderung mesra. Karena jika kamu masih saja bersikap manis, si mantan bisa menangkap sinyal yang salah.

Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan sebaiknya kamu bersikap tegas dan membuat sejumlah batasan-batasan dalam berteman dengannya. "Terapkan batasan-batasan dalam menjalin hubungan pertemanan sewajarnya sebagai teman bukan pacar," ujar Ratih.

2. Hapus Nomor Mantan
Demi menahan godaan untuk tidak menghubunginya, hapus saja nomor mantan dari handphone kamu setelah reuni berakhir. Jika tidak ingin menghapus kontaknya karena takut suatu waktu-waktu dibutuhkan, blok saja nomor tersebut sehingga ia tetap tidak mudah dihubungi.

3. Stop Mengenang atau Bernostalgia
Keinginan untuk CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) tentu saja semakin kuat jika kamu terus mengenang dan membayangkannya. Untuk itu usir jauh-jauh wajahnya dari pikiran kamu. Hal itu memang tak mudah dilakukan apalagi jika kamu jadi baper setelah bertemu dengannya lagi di acara reuni sekolah. Solusinya, bayangkan saja semua tindakan mantan yang membuat kamu tersakiti atau marah. Pastikan pada diri sendiri jika pria seperti dia tidak pantas memiliki kamu.

4. Jangan Lihat Media Sosial Mantan
Kenangan akan mantan kadang semakin diperburuk dengan seringnya ia muncul di akun media sosial. Terkadang keinginan untuk balikan semakin menggebu ketika tahu dirinya berstatus single atau melihat sosoknya terus-menerus di halaman media sosialnya.

5. Ingatlah Apa yang Membuat Kamu Putus
Ketika perasaan mulai tumbuh lagi untuknya, kamu harus segera memikirkan lagi lebih jauh. Ingatlah apa yang membuat kamu dulu mengakhiri hubungan dengannya. Dengan cara ini bisa menghindari kamu tidak CLBK.

6. Pahami Perasaan Diri Sendiri
Setiap orang berpotensi tertarik pada seseorang termasuk mantan kekasih, meskipun sudah mempunyai pasangan. Bahkan mungkin ada yang mempunyai fantasi seks dengan orang lain selain pasangannya. Tidak perlu menampik perasaan itu.

Perselingkuhan bukanlah soal ada kesempatan, tapi apakah kamu membuka peluang tersebut atau tidak. Penting menyadari adanya kemungkinan itu, tapi berusaha sebisa mungkin untuk manahannya agar jangan sampai terjadi. Ingatlah komitmen yang sudah kamu bangun bersama-sama dengan pasangan. Jangan hancurkan komitmen tersebut hanya karena munculnya perasaan setelah nostalgia indah dengan mantan di acara reuni.



(eny/ami)