Riset: Pria yang Punya Pacar atau Istri Nyebelin Hidup Lebih Sehat

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 04 Jun 2019 03:10 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Chicago - Kamu termasuk wanita yang suka marah atau ngambek pada pasangan? Ternyata perilaku menyebalkan wanita ini bisa membuat pria lebih sehat.

Riset terbaru mengungkapkan efek sifat menyebalkan wanita yang suka ngambek atau marah-marah pada kehidupan. Riset yang dilakukan oleh Universitas Michigan State dan Universitas Chicago ini melihat efek tersebut pada kedua gender.


Penelitian tersebut melibatkan 1.228 responden dan pasangan mereka. Para responden ditanya seberapa puas mereka dengan hubungan yang sekarang dijalani, sebarapa bahagia mereka dengan pasangan dan seberapa sering mereka menghabiskan waktu bersama. Responden juga ditanya tentang tingkat kepercayaan dan keterbukaan satu sama lain serta seberapa seringnya pasangan mengkritik mereka.

Dari hasil penelitian diketahui kualitas hubungan percintaan ini berbeda-beda tingkatannya tergantung jenis kelamin dari responden. Responden wanita yang mengaku memiliki hubungan percintaan positif, berdasarkan riset, berisiko lebih rendah terkena diabetes di masa depan. Menurut para peneliti hal itu terjadi karena wanita menjadi lebih sadar diri dengan cara bagaimana mereka berinteraksi dengan pasangan sehingga ini berefek pada metabolisme tubuh.

Sedangkan hal berbeda terjadi pada para responden pria. Seperti dikutip Brightside, pria yang melaporkan memiliki pacar atau istri menyebalkan mulai dari suka mengkritik, mengontrol, hingga memiliki banyak permintaan pada mereka, menurut peneliti, justru memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes di masa depan.


Bukan hanya itu saja, para pria yang memiliki kekasih atau istri menyebalkan ini juga bisa lebih mengontrol gula darah mereka ketika penyakit diabetes muncul. Menurut peneliti hal itu terjadi bukan karena efek hubungan yang terus diwarnai konflik, melainkan karena adanya usaha dari si wanita untuk memantau kesehatan pasangannya yang oleh para pria kerap dianggap negatif.

Penelitian lain yang dilakukan jurusan psikologi Universitas South Wales mengungkapkan hal yang mirip. Menurut riset tersebut, wanita yang suka marah pada pasangannya biasanya bisa lebih baik dalam mengambil keputusan. Mereka juga lebih cerdas. Hal itu karena mereka lebih skeptis dalam melihat sesuatu sehingga perlu menganalisa terlebih dahulu sebelum membuat keputusan. (dtg/dtg)