Dear Kamu yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan, Menangislah Lalu Bangkit

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 11 Apr 2019 21:47 WIB
Saat cinta bertepuk sebelah tangan. Foto: iStock
Jakarta - Saat jatuh cinta pada seseorang perasaan pun jadi berjuta rasanya. Sulit digambarkan bagaimana hati jadi berdebar-debar atau seperti ada rasa menggelitik di perut ketika melihat si dia yang dicinta.

Namun rasa cinta yang begitu membahagiakan ini ternyata tak juga dirasakan oleh si dia. Cinta kamu hanya bertepuk sebelah tangan. Cinta kamu tak terbalas karena si dia tidak memiliki perasaan yang sama.

Bagi kamu yang merasakan kegalauan karena cinta bertepuk sebelah tangan, coba terapkan beberapa tips ini. Setidaknya bisa sedikit meredakan kesedihan kamu dan tidak terlalu lama memendam kegalauan.

1. Marah dan Menangislah
Banyak orang yang memendam perasaan dengan menahan kemarahan dan berusaha tegar. Hal tersebut justru merugikan kamu, begitu kata Dr. Seth Mayer, psikolog dan pakar percintaan.

"Marah merupakan teman terbaik. Perasaan tersebut akan mengingatkan bahwa dirimu tidak dihargai. Marahlah ketika kapanpun kamu merasa ditolak," ujar Dr. Seth.

Jika kamu bingung mau marah kepada siapa, bisa menuliskan surat. Contohnya: "kurang baik apa aku, aku sudah memberikan perhatian yang begitu banyak, tapi apa yang aku terima. Sekarang, aku tidak akan memberikan hal baik dariku lagi untukmu." Dengan marah dan mengungkapkan perasaan, bahkan sampai menangis akan melepas stres yang menjadikan kamu lebih lega.



2. Jangan Fokus Pada Perasaan Kecewa
Galau dan sedih pasti kamu rasakan. Namun jangan terus larut dalam kekecewaan tersebut. Alihkan pikiran dengan sibuk berkegiatan. Telepon teman kamu, nonton film kartun atau film komedi, bisa juga melepas stres dengan pergi ke spa. Apapun yang kamu lakukan tujuannya adalah untuk mengisi kekosongan agar tidak terus-menerus mengingat kekecewaan kamu.

3. Tuliskan Kualitas Diri
Ketika cinta bertepuk sebelah tangan, sedikit banyak membuat kamu jadi merasa tak percaya diri. Kamu pasti menganalisa apa yang membuat si dia tak menyukai kamu. Tak jarang wanita jadi menyalahkan diri sendiri dan menilai diri buruk. Jangan berpikir negatif tentang diri kamu. Coba tuliskan kualitas terbaik dari diri yang kamu miliki.

"Daftar yang dibuat bisa tentang kepintaran atau hal-hal menyenangkan. Dengan mengingatkan hal-hal positif yang kamu miliki, maka semakin cepat pulih dari kekecawaan," ungkap Dr. Seth, penulis buku Love Prescription itu.

(eny/eny)