#JusticeForAudrey, Pesan untuk Orangtua Agar Anak Tak Jadi Tukang Bully

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 10 Apr 2019 15:01 WIB
Ilustrasi bullying #JusticeForAudrey (Foto: Edi Wahyono) Ilustrasi bullying #JusticeForAudrey (Foto: Edi Wahyono)

Pontianak - Orangtua dapat memetik hikmah dari #JusticeForAudrey. Kasus bullying yang dialami seorang siswi SMP bernama AY di Pontianak, Kalimantan Barat, tersebut sekaligus mengingatkan orangtua bahwa pendidikan akhlak dan moral sama pentingnya dengan nilai akademis.

Menurut psikolog anak Ratih Ibrahim, aksi bullying seperti yang menimpa AY tak akan terjadi bila orangtua pelaku sungguh-sungguh memperhatikan akhlak anaknya.



"Kejadian ini menunjukkan bahwa pendidikan anak tak cuma soal kepintaran. Anak juga harus diajari tentang akhlak dan moral. Orangtua perlu tahu itu," kata Ratih kepada Wolipop, Rabu (10/4/2019).

Berbekal akhlak yang baik, anak dapat menjaga perilakunya dan mampu bersikap positif terhadap orang lain. Dengan demikian, dorongan untuk berkelakuan negatif seperti menyakiti sesama dapat dihindari.

Ratih turut berpesan, komunikasi antara orangtua dan anak harus terbangun dengan baik. "Kalau komunikasi lancar, orangtua tahu kapan harus melakukan intervensi terhadap anaknya bilamana diperlukan. Kalau dalam kasus bullying ini, orangtua miss," jelas Ratih.


Terkait tindakan pelaku terhadap AY, Ratih menilai sudah sangat kelewatan. Apalagi bila aksi tersebut diikuti dengan pelecehan seksual.

"Ini jahatnya sudah kebangetan karena beredar informasi yang menyebut, selain pelaku menyerang fisik, verbal dan psikis, terjadi juga kekerasan seksual. Lebih tragisnya lagi, pelecehan itu dilakukan terhadap sesama perempuan yang seharusnya saling mendukung satu sama lain," kata dia.

Video: Mona Ratuliu Prihatin Soal Kasus Bullying Audrey

[Gambas:Video 20detik]



Ratih pun sulit membayangkan betapa beratnya trauma psikologis yang harus ditanggung korban di samping luka fisik akibat perlakuan tersebut

Saat ini, AY masih dirawat di rumah sakit dan polisi masih mendalami kasus ini. Tiga orang sudah dipolisikan. Kasus tersebut menyita perhatian masyarakat sampai-sampai muncul petisi #JusticeForAudrey yang mendesak pihak berwajib untuk segera menyelesaikan kasus ini. "Kalau korban mau benar-benar sembuh, keadilan harus segera ditegakkan," tambah Ratih.




(dtg/dtg)