Agar Tak Jadi Siti Nurbaya Saat Dijodohkan Ortu, Ini Tipsnya

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 22 Feb 2019 12:39 WIB
Foto: Istock Foto: Istock

Jakarta - Anak yang dicarikan jodoh oleh orangtua seperti momok yang menakutkan. Padahal belum tentu mereka akan bernasib sama seperti Siti Nurbaya.

Ketika orangtua menjodohkan seorang pria atau wanita pilihannya, jangan langsung menolak mentah-mentah. Coba kenali dulu calon pasangan. Menurut psikolog Pingkan C. B. Rumondor, S. Psi, M. Psi, ajukan tiga pertanyaan ini ke calon pasangan sehingga bisa perjodohan tersebut bisa dipertimbangkan.

1. Tujuan
Coba tanyakan kepada calon pasangan, apa tujuannya menerima perjodohan tersebut? Kamu bisa menyesuaikan tujuannya dengan tujuan diri sendiri. Bila dia belum ingin serius misalnya hanya karena diminta orangtua tentu perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Jangan sampai pernikahanmu menjadi tidak bahagia hanya karena untuk menyenangkan orangtua.

2. Pendapatnya Mengenai Hubungan Asmara
Tanyakan pendapat calon pasanganmu mengenai hubungan asmara. Baginya hubungan asmara seperti apa? Dari pertanyaan ini, sedikit banyak kamu bisa mendapat kesimpulan mengenai pandangannya terhadap hubungan yang serius. Kamu juga bisa melihat tingkat kedewasaannya dari jawaban yang ia berikan.


3. Profil Calon Pasangan
Kenali si calon pasangan dengan baik dengan menggali informasi pribadinya sebanyak-banyaknya. Kasih pertanyaan-pertanyaan yang memeriksa, kalau perlu pertanyaan yang sama diulang dua kali untuk mengetahui bahwa dia berbohong atau nggak," saran psikolog psikolog Pingkan.

Agar Tak Jadi Siti Nurbaya Saat Dijodohkan Ortu, Ini Tipsnya
(kik/ami)