Bukan Hanya Mawar, Ini Buah dan Sayur yang Melambangkan Cinta

Nada Saffana - wolipop Selasa, 19 Feb 2019 11:44 WIB
Ilustrasi pasangan muda. Foto: iStock Ilustrasi pasangan muda. Foto: iStock

Jakarta - Bunga mawar dan cokelat populer diberikan kekasih kepada pasangannya sebagai perlambang cinta, terlebih lagi di Hari Valentine. Namun jika ingin sedikit kreatif, kamu bisa mengungkapkan cinta dengan benda lain.

Tak perlu barang mahal seperti perhiasan apalagi mobil mewah. Nyatakan saja cinta dengan buah dan sayuran. Di berbagai belahan dunia sejak zaman kuno hingga zaman modern, buah dan sayur kerap digunakan untuk mengekspresikan cinta, hasrat, dan kesuburan. Tidak hanya bergizi, tetapi sangat berarti bagi banyak budaya kuno dan kontemporer. Apa aja sih?

1. Apel

Foto: iStock

Selama Abad Pertengahan, orang Eropa meyakini buah apel memiliki afrodisiak yang diklaim dapat meningkatkan gairah seksual seseorang dan orang Eropa menggunakan buah itu dalam ritual cinta. Jika seorang wanita ingin mendapatkan pria yang dicintainya, wanita itu akan tidur dengan sebuah apel di bawah lengannya dan membujuk pria yang ia cintai untuk memakan apel tersebut pada keesokan harinya, dengan harapan pria itu akan jatuh cinta padanya setelah mengonsumsi apel.

2. Buah Ara
Foto: Istimewa

Dikutip dari Food Literacy Center, dalam mitologi Yunani dan Romawi, buah ara dikaitkan dengan Dionysus atau dewa anggur dan Priapus, seorang satir (pria dengan dorongan seksual tinggi) yang melambangkan hasrat seksual.


3. Buah Delima
Foto: iStock/Daily Mail

Buah delima menandakan pernikahan dengan orang Romawi sehingga pengantin wanita akan memakai karangan bunga delima saat menikah. Di China, buah delima melambangkan kesuburan dan biasanya diberikan sebagai hadiah pernikahan yang berarti 'seratus biji' atau lebih tepatnya 'seratus anak laki-laki'.

4. Stroberi
Foto: iStock

Dalam era Victorian, buah stroberi mewakili kesempurnaan. Stroberi ganda yang berdempet akan membawakan Anda cinta. Legenda mengatakan bahwa dengan mematahkan stroberi saling menempel tersebut menjadi dua bagian dan membaginya dengan orang lain, Anda akan saling jatuh cinta.


5. Bawang Putih
Foto: iStock

Bawang putih mungkin tampak seperti pilihan yang aneh dalam hal romantisme, tetapi di China bawang putih melambangkan keberuntungan dan kesuburan. Selain itu juga digunakan sebagai afrodisiak oleh penguasa Tiongkok kuno.

6. Bayam
Foto: Foto: Getty Images

Apakah Anda sedang menyukai orang secara rahasia? Di Jepang, bayam adalah simbol cinta rahasia. Orang-orang akan membungkus hadiah dalam kertas berwarna hijau bayam sebagai ungkapan gairah.

7. Wortel
Foto: Thinkstock

Wortel dipandang sebagai afrodisiak dan simbol kesuburan. Pada tahun 1870-an, orang-orang di Teheran makan wortel yang direbus dalam gula sebagai afrodisiak.

Sementara di Skotlandia, mereka merayakan Domhnach Curran yang berarti 'Minggu Wortel'. Perempuan akan pergi ke ladang untuk membeli wortel beberapa hari sebelum festival St. Michael. 'Minggu Wortel' terjadi pada festival St. Michael. Pada saat 'Minggu Wortel' wanita akan memberikan wortel kepada pria sebagai simbol kesuburan. (hst/hst)