5 Pelajaran Cinta dari SBY dan Ani Yudhoyono, Setia dalam Sehat dan Sakit

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 14 Feb 2019 16:17 WIB
SBY setia menemani Ani Yudhoyono yang dirawat di rumah sakit karena kanker darah. Foto: Instagram/@agusyudhoyono SBY setia menemani Ani Yudhoyono yang dirawat di rumah sakit karena kanker darah. Foto: Instagram/@agusyudhoyono

Jakarta - Bertepatan Hari Valentine, kehidupan cinta presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya, Ani Yudhoyono layak untuk disimak. SBY dan Ani Yudhoyono kini menjadi sorotan karena kondisi mantan ibu negara tersebut yang sedang sakit.

Dalam jumpa pers Rabu (13/2/2019), SBY menyampaikan istrinya menderita kanker darah. Ani Yudhoyono pun kini dirawat di rumah sakit di Singapura. SBY pun memohon pada rakyat Indonesia untuk mendoakan kesembuhan sang istri.

SBY begitu setia mendampingi Ani Yudhoyono di rumah sakit. Dia melepaskan semua agenda kegiatannya di Tanah Air demi menemani sang istri tercinta. Selain kesetiaan SBY tersebut, berikut pelajaran cinta lainnya yang bisa dipetik dari kehidupan pernikahan presiden ke-6 Indonesia dan istrinya, Ani Yudhoyono:

1. LDR Tak Runtuhkan Kesetiaan

SBY dan Ani Yudhoyono saat muda.SBY dan Ani Yudhoyono saat muda. Foto: instagram


Sebelum menikah, SBY dan Ani Yudhoyono merupakan pasangan yang harus menjalani LDR atau Long Distance Relationshio. Kisah cinta jarak jauh antara SBY dan Ani ini terungkap dari unggahan pendiri Partai Demokrat itu di Facebook beberapa waktu lalu.

"Saat belum menikah, Pak SBY dan Ibu Ani menjalani hubungan cinta jarak jauh dengan saling berkirim surat. Lewat surat, Pak SBY dan Ibu Ani bisa saling mencurahkan isi hati," demikian yang tertulis di Facebook SBY.

Tiga tahun menjalani hubungan jarak jauh tak menyurutkan kesetiaan dan cinta SBY pada Ani, begitu juga sebaliknya. Hingga akhirnya keduanya menikah pada 30 Juli 1976.



2. Punya Panggilan Sayang

5 Pelajaran Cinta dari SBY dan Ani Yudhoyono, Setia dalam Sehat dan SakitFoto: (Dok. aniyudhoyono/Instagram)


Sudah bukan rahasia lagi kalau SBY dan Ani Yudhoyono memiliki panggilang sayang dari anak-anak dan menantu mereka yaitu Pepo dan Memo. Selain memiliki makna yang dalam, punya panggilan sayang dengan pasangan dapat memperkuat hubungan itu sendiri. Hal tersebut terbukti dari penelitian yang dilakukan Superdrug Online Doctor. Seperti dikutip dari The Insider, riset tersebut menunjukkan bahwa 16% di antara pasangan yang punya panggilan sayang cenderung bahagia dalam hubungan mereka.

3. Love, share, and care

5 Pelajaran Cinta dari SBY dan Ani Yudhoyono, Setia dalam Sehat dan SakitKemesraan SBY dan Ani Yudhoyono. Foto: Instagram/@aniyudhoyono


SBY pernah berbagi resep awet pernikahannya selama 46 tahun. "Love, share, and care. Ini rahasianya. Kasih sayang, saling mencintai. Tak ada yang lebih kuat, lebih tinggi, dan lebih penting dari itu," kata SBY dalam lawatan Tour de Banten, April 2018. Dan tiga resep itu kini juga dipraktekkan ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Ibas Yudhoyono tersebut di saat istrinya divonis kanker darah.

4. Memikul Beban Bersama

Ani setia menemani SBY saat sakit.Ani Yudhoyono setia menemani SBY saat sakit. Foto: Instagam Ani Yudhoyono


Selain SBY, Ani Yudhoyono juga pernah berbagi tips agar pernikahan langgeng. Salah satunya menurutnya adalah dengan memikul beban yang ada baik ringan ataupun berat bersama-sama. ""Jangan begini, ringan sama dijinjing, berat lu yang bawa," canda Ani saat berbagi tips.


5. Selalu Kompak dalam Berbusana

5 Pelajaran Cinta dari SBY dan Ani Yudhoyono, Setia dalam Sehat dan SakitGaya kompak SBY dan Ani Yudhoyono dalam berbusana. Foto: Instagram/@aniyudhoyono


Busana senoda seolah sudah menjadi dresscode wajib Ani Yudhoyono dan SBY saat tampil bersama di depan publik. Tak hanya di acara resmi, tapi juga saat kesempatan nonformal, SBY dan Ani selalu kompak dalam berbusana. Bahkan gaya busana yang selalu senada ini juga 'menular' kepada anak-anak dan menantu mereka.

Memakai busana kompak seperti SBY dan Ani Yudhoyono ini bermanfaat untuk menjaga romantisme. Apalagi keduanya sudah bukan lagi pasangan muda yang cintanya masih menggebu-gebu. Oleh karena itu SBY dan Ani terus memupuk romantisme mereka dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengenakan busana kembar.



(eny/eny)