Penelitian: Pria Jomblo Lebih Bau Badan, Ini Penyebabnya

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 06 Feb 2019 08:42 WIB
Foto: Nivea Foto: Nivea

Jakarta - Sebuah penilitian mengungkap bahwa pria jomblo lebih bau badan dibandingkan mereka yang memiliki pasangan. Penelitian tersebut menyebut itu karena dipengaruhi hormon testosteron.

Tim peneliti menemukan fakta bahwa pria jomblo memiliki kadar testosteron lebih tinggi sehingga mereka lebih mudah berkeringat. Penelitian dilakukan dengan melibatkan wanita sebagai responden.

Para wanita diminta untuk mengendus kaus di bagian ketiak pria dan menyadari ada perbedaan aroma antara pria jomblo dan yang telah berpasangan.

Penelitian: Pria Jomblo Lebih Bau Badan, Ini PenyebabnyaFoto: iStock


Bukan soal tak merawat diri. Nyatanya, pria jomblo lebih menghasilkan banyak keringat sehingga memicu aroma tubuh yang lebih kuat.

Tidak hanya memiliki aroma tubuh yang lebih kuat, pria single memiliki wajah yang lebih maskulin dibanding mereka yang tidak jomblo. Hal tersebut juga karena pengaruh hormon.

Testosteron adalah hormon seks para pria. Lebih banyak diproduksi di testis dan kelenjar adrenal. Hal tersebut membuat suara lebih dalam, pertumbuhan rambut tubuh dan kelamin yang lebih besar selama masa pertumbuhan.
Penelitian: Pria Jomblo Lebih Bau Badan, Ini PenyebabnyaFoto: thinkstock


Selain mempengaruhi gairah seks dan produksi sperma, testosteron juga berperan membentuk tulang dan otot yang kuat. Termasuk juga memengaruhi produksi keringat.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Macquarie itu meminta 82 wanita untuk mengendus kaus pria single dan berpasangan. Sebelumnya kaus tersebut telah terpapar keringat.

Wanita menilai bahwa pria yang berpasangan memiliki tingkat aroma tak sedap tiga dari enam. Sementara, pria jomblo dinilai lebih bau dengan nilai rata-rata 3,5. (kik/hst)