Hati-hati, 11 Tanda Pertemanan Kamu Beracun

Nada Saffana - wolipop Sabtu, 26 Jan 2019 13:01 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Manusia adalah makhluk sosial, yang artinya mereka tidak bisa hidup sendiri. Menjalin hubungan pertemanan pun menjadi hal yang wajar dilakukan. Namun, Anda harus cermat membedakan teman yang benar-benar tulus dan yang hanya menjadi racun dalam hidup.

Teman yang beracun biasanya sulit dibedakan dari yang benar-benar tulus. Padahal secara perlahamn-lahan mereka bisa merugikan.

"Secara emosional merugikan Anda, daripada membantu Anda. Teman beracun menyebabkan stres dan kesedihan atau kecemasan, dan tidak membantu Anda menjadi seperti yang Anda inginkan," tutur psikolog klinis Andrea Bonior, Ph.D., seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Berikut ini tanda-tanda teman yang jadi racun dalam hidup yang perlu kamu waspadai.

1. Kamu Lebih Banyak Memberi daripada Mendapatkan
Jika teman selalu membutuhkan bantuan tapi tidak pernah membalas bantuan sekecil apapun, kemungkinan itu adalah teman beracun.

Bonior berkata, "Ada ketidakseimbangan besar antara apa yang Anda berikan dan apa yang Anda dapatkan. Penting bagi kita untuk memahami bahwa persahabatan itu fleksibel. Tapi jika polanya sudah mendarah daging sehingga kamu selalu merasa seperti memberi, memberi, memberi, dan tidak ada timbal balik dalam jangka waktu yang lama, itu pertanda bahwa itu tidak akan sangat berkelanjutan."

2. Tidak Lagi Mempercayai Mereka
Tentunya setiap hubungan dibangun berdasarkan kepercayaan. Begitu juga dengan pertemanan. Apa gunanya jika tidak bisa mengandalkan teman Anda?

Menurut psikolog klinis Jill Squyres, Ph.D., memang, terkadang orang mengingkari janji untuk sebuah alasan yang lebih penting. Tetapi jika kamu terus-menerus merasa dikecewakan oleh mereka, akan sulit pula bagimu menunjukkan kasih sayangmu pada mereka untuk menjaga persahabatan yang baik terus berjalan.

Hati-hati, 11 Tanda Pertemanan Kamu BeracunFoto: iStock


3. Takut Memeriksa Telepon
Kini teknologi mempermudah hubungan pertemanan, baik bersaing dalam hal baik maupun hal yang buruk. Teman yang baik tidak akan membuat Anda panik dan bertanya-tanya, 'apa kali ini yang dia inginkan dariku?' setiap kali ponsel berdering.

4. Tidak Menikmati Waktu Bersama Mereka
Apakah kamu justru merasa senang ketika rencana pertemuan dibatalkan? Jika iya, mungkin karena bertemu teman tersebut tidak membuat kamu nyaman, tapi justru melelahkan, seperti menjalankan sebuah kewajiban.

5. Tidak Menyukai Diri Sendiri Saat Bersama Mereka
Ketika bersama mereka, kamu tidak bisa menjadi diri sendiri karena takut bagaimana melihat reaksi orang lain. Jika kamu merasa buruk saat menjadi diri sendiri, itu artinya temanmu beracun.

6. Mereka Membicarakan Kamu di Belakang
Kamu akan tahu temanmu membicarakanmu di belakangmu, ketika dia juga membicarakan salah satu atau dua orang di lingkaran pertemanan kalian. Jika dia bisa dengan gampangnya menjelekkan teman sendiri di depanmu, bukan tidak mungkin dia juga akan melakukan hal yang sama ketika sedang tidak bersamamu.

Hati-hati, 11 Tanda Pertemanan Kamu BeracunFoto: dok. Thinkstock


7. Kamu Bersaing Dengan Mereka
Tidak ada yang salah jika bersaing secara sehat. Bonior mengatakan, "Pada akhirnya, Anda harus tetap memiliki perasaan yang baik terhadap teman Anda dan menginginkan yang terbaik bagi mereka secara keseluruhan. Meskipun benar-benar normal untuk merasa cemburu dari waktu ke waktu, jika Anda merasa seperti berada dalam pertarungan terus-menerus yang ingin Anda menangi berulang kali itu bisa menjadi racun."

8. Berpikir Niat Mereka Tidak Baik
"Setiap kali kita membuat kesalahan dalam persahabatan, saat itulah niat itu benar-benar penting," catat Bonior.

Sementara seorang teman yang baik mungkin secara tidak sengaja menyakiti Anda ketika niatnya baik, itu jauh lebih mudah untuk dimaafkan daripada ketika teman beracun sengaja menyakiti kamu.

9. Tidak Mempercayai Saran Mereka
Hidup terkadang membingungkan. Itu sebabnya kamu membutuhkan teman yang baik untuk memberikan saran. Tetapi, ketika meminta saran dari teman lalu kamu langsung menyesalinya, itu berarti mereka beracun.

"Mereka tidak akan mendengarkan, dan (mereka) tidak akan menjadi sangat empati atau berbelas kasih. Jika mereka mendengarkan, biasanya memberi nasihat sepihak yang membuat mereka terdengar pintar atau lebih kompeten dan sukses daripada kamu," kata Squyres.

10. Merasa Terbiasa
Salah satu pertanda dari teman yang beracun adalah manipulasi atau membuat kamu melakukan hal-hal yang sebenranya tidak ingin kamu lakukan. Misalnya saja, seorang teman beracun selalu bersikeras untuk berbagi membayar bill restoran, ketika mereka yang menghabiskan lebih banyak makanan dan minuman. Kamu tahu itu tidak adil, tetapi tetap bertahan demi mempertahankan hubungan.

11. Tidak Tahu Alasan Pasti Berteman dengan Mereka
Mungkin dulu kalian berdua tidak dapat dipisahkan. Tetapi sekarang, kamu merasa seperti berada di dua planet yang berbeda.

"Hanya karena Anda memiliki sejarah dengan orang ini bukan berarti Anda harus memiliki masa depan bersama. Kamu tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan orang ini, dan kamu tidak akan bisa mengubahnya tidak peduli seberapa banyak kamu berharap kamu bisa," pungkas Lombardo.

(hst/kik)