8 Jenis Pelukan yang Menunjukkan Makna Hubungan Kamu

Nada Saffana - wolipop Kamis, 10 Jan 2019 08:01 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pelukan bukan hanya sebagai ungkapan rasa sayang. Berpelukan bisa memberi rasa tenang, mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri bahkan menguatkan daya tahan tubuh seseorang.

Pelukan juga bisa menggambarkan hubungan antar pasangan maupun orang dekat. Beda bentuk pelukan, berbeda juga maknanya. Ini delapan tipe pelukan dan makna di baliknya.

1. Pelukan dari Belakang

Foto: iStock

Pelukan ini menunjukkan ia memiliki perasaan yang mendalam kepada orang yang dipeluknya. Tanpa harus berkata 'aku cinta kamu', tipe pelukan ini bisa dipastikan sebagai ungkapan rasa cinta. Ketika seseorang memelukmu dari belakang, itu mengindikasikan bahwa dia siap bertanggungjawab dan siap memberikan perlindungan.

2. Pelukan Dari Hati ke Hati
Foto: iStock

Mungkin pelukan ini jenis yang paling romantis. Disebut pelukan dari hati ke hati, cara ini dilakukan dengan salah satu dari pasangan bersandar di bahu dan membelai punggung dengan lembut. Sementara pasangannya melingkari tangannya ke pinggang dan memberikan pelukan yang sedikit menekan tubuh. Biasanya pelukan ini untuk memberikan dukungan, terasa lembut tapi juga erat.



3. Pelukan Manja
Foto: iStock

Pelukan manja juga merupakan jenis pelukan yang menenangkan. Biasanya dilakukan oleh dua orang yang sedang jatuh cinta. Tipe pelukan ini umumnya diikuti dengan kata-kata manis nan romantis.

4. Pelukan bentuk A
Foto: iStock

Memiliki nama lain teepee, pelukan yang terjadi ketika orang baru pertama kali bertemu. Namun, jenis ini juga bisa terjadi antara orang yang sudah putus dan saling merindukan, atau antara orang yang diam-diam jatuh cinta. Biasanya pelukan tak berlangsung lama dan tidak ada keintiman di antara keduanya.

5. Pelukan Berkelompok
Foto: iStock

Jenis ini biasanya terjadi di antara teman atau kolega untuk menjukkan kebersamaan, terutama ketika mencapai sesuatu yang berharga, misalnya target, nilai tugas yang bagus atau hal lainnya. Selain itu, pelukan ini juga bisa dilakukan demi memberikan dukungan satu sama lain.



6. Pelukan Antar Pria
Foto: iStock

Biasanya pelukan jenis ini hanya melibakan bagian atas tubuh. Tidak melakukan kontak mata, sekadar menepuk-nepuk punggung satu sama lain. Pelukan ini dilakukan sebagai cara lain untuk menyapa teman dekat.

7. Pelukan Satu Tangan
Foto: iStock

Ini adalah jenis pelukan yang berlangsung cepat. Terjadi ketika dua orang sedang duduk atau berdiri bersebelahan. Pelukan ini bertujuan untuk menghibur atau hanya menunjukkan keramahan, tapi bisa juga tanda rasa sayang pada pasangan.

8. Pelukan Erat atau Bear Hug
Foto: iStock

Jenis pelukan favorit di kalangan wanita ini menunjukkan kasih sayang dan kedekatan. Pria biasanya akan memeluk erat sambil sedikit mengangkat tubuh sang wanita, karena ia telah merasa begitu dekat dengannya.
(hst/hst)