Ada 3 Tipe Orang Penggemar Selfie, Kamu Termasuk yang Mana?

Hestianingsih - wolipop Rabu, 19 Des 2018 18:32 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Bagi sejumlah orang, foto selfie sudah jadi bagian dari kehidupannya. Baik itu untuk sekadar hobi maupun keperluan bisnis.

Orang yang hobi selfie tidak selalu menandakan perilaku narsisme. Setidaknya ada tiga tipe penggemar selfie yang dikelompokkan dari cara mereka menampilkan diri di media sosial.

Studi tentang selfie yang dilakukan mahasiswa dari Brigham Young University dan Texas Tech University College of Media & Communication mengungkap tipe penggemar selfie terbagi menjadi tiga; komunikator, autobiografer dan publisis mandiri.

Seperti apa tipe-tipe tersebut kamu termasuk golongan yang mana? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Brightside

1. Komunikator
Foto: GettyImages

Tipe ini posting foto selfie di media sosial agar teman-teman, follower maupun subscriber terlibat dalam diskusi. Misalnya saja mem-posting foto selfie dengan menambahkan tulisan caption yang memicu orang agar mau berkomentar atau menyuarakan pendapatnya.

Influencer biasanya sering menggunakan foto selfie yang di-posting di Instagram maupun Facebook dengan tujuan ini. Ketika 'engagement' mereka dengan para follower-nya semakin tinggi, maka akan menjadi poin plus bagi akun mereka untuk terus berkembang.

2. Autobiografer
Foto: Dean Treml/Red Bull via Getty Images

Foto selfie diunggah di Instagram atau media sosial lainnya bukan sekadar untuk pamer, tapi dijadikan sebagai galeri kehidupannya. Tipe autobiografer suka menangkap momen-momen dalam hidupnya dan tidak terlalu peduli apakah postingannya akan mendapatkan banyak 'like' atau tidak. Bahkan mereka juga tak peduli jika tidak ada yang memberikan 'like' pada foto-fotonya.

Satu hal yang terpenting dari golongan ini adalah berfoto selfie untuk diri sendiri menyimpan memori kehidupannya. Jika postingannya mendapatkan banyak 'like' akan membuatnya senang tapi bukan sesuatu yang penting beginya.

3. Publisis Mandiri
Foto: Instagram

Golongan penggemar selfie ini biasa juga disebut 'self-publicist'. Mereka suka menunjukkan hampir semua hal di hidup mereka. Tipe ini biasanya haus akan perhatian dan netizen adalah 'teman terbaiknya' di media sosial. Baik itu penggemar maupun haters. Kim Kardashian dan Kylie Jenner adalah contoh sempurna dari kelompok pencinta selfie ini.
(hst/hst)