YouTuber Ini Dikecam karena Taruh Cabai di Tampon Kekasihnya

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 06 Des 2018 15:47 WIB
YouTuber Brad Holmes dikecam karena menaruh cabai di tampon kekasihnya, Jenny. Foto: Dok. Facebook Brad Holmes YouTuber Brad Holmes dikecam karena menaruh cabai di tampon kekasihnya, Jenny. Foto: Dok. Facebook Brad Holmes

Jakarta - Tren terbaru yang memprihatinkan terjadi di kalangan YouTuber. Para YouTuber ini membuat lelucon dengan melakukan 'kekerasan' pada kekasihnya demi membuat konten yang banyak ditonton.

Seperti dikutip dari The Sun, tren yang dianggap menyedihkan ini dinamai cloutlighting. Cloutlighting terjadi ketika pria melakukan prank atau lelucon ekstrem pada pasangannya dan memvideokan reaksi mereka demi mendapatkan banyak like di media sosial atau konten yang banyak ditonton.

Kata cloutlighting sendiri berasal dari gabungan kata gaslighting dan clout. Gaslighting terjadi ketika seorang pelaku kekerasan memanipulasi informasi yang sebenarnya sehingga korban jadi meragukan diri mereka sendiri. Sedangkan clout atau lebih dikenal Klout merupakan aplikasi untuk melihat seberapa besar pengaruh seseorang di media sosial.



Cloutlighting menjadi tren karena ketika video yang diunggah ke media sosial semakin ekstrem, akan semakin banyak juga like dan video tersebut ditonton. Sehingga skor mereka di Klout akan semakin bertambah.

YouTuber Brad Holmes dikecam karena menaruh cabai di tampon kekasihnya, Jenny.YouTuber Brad Holmes dikecam karena menaruh cabai di tampon kekasihnya, Jenny. Foto: Dok. Facebook Brad Holmes


Salah satu YouTuber yang dikecam karena melakukan cloutlighting ini adalah Brad Holmes. Brad merupakan YouTuber dengan subscriber lebih dari 254 ribu. Dia pernah diserang kritik ketika membuat video prank atau lelucon yang membuat kekasihnya Jenny kesakitan.

Dalam videonya, Brad mengoleskan cabai ke tampon kekasihnya. Tampak biji cabai menempel di tampon yang biasanya dikenakan wanita saat sedang datang bulan.

Video pun menunjukkan Jenny yang kepanasan pada area intimnya setelah memakai tampon tersebut. Sementara Brad asyik menertawakan kejadian tersebut.

"Menaruh sesuatu di alat kelamin wanita tanpa seizin mereka adalah sebuah kekerasan dan seorang wanita yang mendapatkan hal itu berhak mempertanyakan keamanan dirinya dalam menjalani hubungan cinta tersebut," ujar Ammanda Major, aktivis dari Relate, yang membantu wanita lepas dari hubungan tidak sehat.

Setelah videonya banyak mendapat kecaman, Brad Holmes menarik konten tersebut dari akun YouTube-nya. Sang kekasih pun putus darinya beberapa bulan setelah kejadian tampon cabai tersebut. Meski demikian Jenny kembali berpacaran dengannya dan menjadi tunangannya.

Menurut Major, Brad Holmes bukan satu-satunya YouTuber yang melakukan cloutlighting pada kekasihnya. Ada banyak YouTuber lain melakukan hal serupa demi meraih popularitas. Misalnya saja dengan berpura-pura selingkuh, memberitahukan hewan kesayangan mati atau menyebut kekasih mereka sangat jelek.




Tonton juga ' Deddy Corbuzier Marahi YouTuber gara-gara Komentarin Perceraian Gading-Gisella ':

[Gambas:Video 20detik]

YouTuber Ini Dikecam karena Taruh Cabai di Tampon Kekasihnya

(eny/eny)