Kisah di Balik Pasangan yang Pasang Wajah Datar Saat Hari Pernikahan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Nov 2018 19:30 WIB
Foto: Facebok Many Faces of Moebius Foto: Facebok Many Faces of Moebius

Jakarta - Pengantin yang melangsungkan pernikahan biasanya tampil 'sumringah'. Tapi tidak dengan pasangan Alex Barker dan Erin Smith. Di hari bahagia mereka, Alex dan Erin bahkan tidak tampak tersenyum seolah pasang muka wajah datar. Bukan karena tidak bahagia atau terpaksa menikah namun kondisi fisik langka yang membuat mereka demikian.

Alex Barker dan Erin Smith mengidap sindrom Moebius yang membuat mereka tidak bisa mengubah ekspresi wajah. Kondisi langka yang diidap kurang dari seribu orang di dunia itu pun membawa keduanya pada cinta. Bertemu dari situs kencan online, mereka bahkan langsung bertunangan setelah empat kali pertemuan.

"Awalnya, aku tidak pernah berpikir akan jatuh cinta dengan seseornag yang terlahir sama sepertiku. Tapi itu bukan hanya karena Moebius, kami punya banyak kesamaan lain juga. Senang bisa punya seseorang yang mengerti. Aku menyukai aksen Inggrisnya yang membuatku meleleh," kata Erin dilansir Metro.

Kisah di Balik Pasangan yang Pasang Wajah Datar Saat Hari PernikahanFoto: Facebok Many Faces of Moebius
Kondisi langka tersebut juga mempengaruhi kemampuan pengidap dalam berbicara. Mereka biasanya harus mencari cara lain untuk mengekspresikan isi hati. Meski tak terpancar, Alex mengetahui jika istrinya bahagia atau sedang kesal.

"Aku bisa melihat Erin senang karena dia selalu memiringkan kepalanya pada satu sisi dan berkata 'ooh' dan aku pikir walaupun kami tidak bisa menunjukkan ekspresi wajah, kami tahu tingkah laku jadi ketik kesal atau frustrasi atau apapun, ada banyak komunikasi nonverbal," kata Alex.

"Aku pikir mata juga banyak berkata, bahkan bukan hanya Alex tapi keluarga dan teman-temanku selalu berkata bahwa mereka bisa melihat mataku dan aku tersenyum dengan mataku, mereka tahu kalau aku bahagia," lanjut Erin.

Kisah di Balik Pasangan yang Pasang Wajah Datar Saat Hari PernikahanFoto: Facebok Many Faces of Moebius
Sama-sama punya kondisi langka bisa menguntung namun juga punya sisi negatif. Keduanya memiliki kekhawatiran jika anak mereka akan mengalami hal yang sama. Mereka pun telah mengkonsultasikannya pada dokter dan diyakinkan bahwa keturunan keduanya kelak mungkin tidak memiliki kondisi serupa. Tapi kini Erin dan Alex hanya ingin menikmati pernikahan mereka.

"Hanya dengan menggenggamtanganErinditanganku, sangat berarti bagiku. Itu artinya kami tidak perlu menunjukkan ekspresi wajah apapun. Dan aku tahuketikaErinmelihatku ada senyuman di dalam,"kataAlex.
(ami/ami)