Gisel-Gading Mesra Tapi Cerai, Ini yang Sering Bikin Pasangan Berpisah

Hestianingsih - wolipop Rabu, 21 Nov 2018 14:40 WIB
Kemesraan Gisella Anastasia dan Gading Marten. Foto: Gus Mun/detikHOT Kemesraan Gisella Anastasia dan Gading Marten. Foto: Gus Mun/detikHOT

Jakarta - Gisella Anastasia menggugat cerai Gading Marten, suami yang telah dinikahinya selama lima tahun. Selalu terlihat harmonis, tak ada yang menyangka kalau pasangan selebriti yang telah dikaruniai satu anak ini memutuskan berpisah.

Perceraian memang rentan terjadi di usia pernikahan kurang dari 20 tahun, meskipun tak menutup kemungkinan pasangan yang telah menikah selama dua dekade 'imun' dari bercerai. Statistik yang dilansir perusahaan konseling Relate, menunjukkan 42 persen pernikahan berakhir dengan perceraian, dan 34 persen pasangan bercerai sebelum ulang tahun pernikahan ke-20 mereka.

Bagaimana dengan Gisel dan Gading yang kerap terlihat harmonis tapi ternyata tak luput juga dari perceraian? Ini tujuh alasan paling umum yang membuat pasangan bercerai.

1. Finansial
Konselor percintaan dan terapis seks Peter Saddington mengungkapkan pasangan bercerai bisa karena masalah finansial. Biasanya dipicu oleh perbedaan suami dan istri menilai tentang uang. Misalnya saja, ketika salah satu pihak lebih suka menghabiskan uang sedangkan yang lainnya cenderung perhitungan dan menekankan harus menabung.

2. Selingkuh
Sekali perselingkuhan terjadi, maka akan jadi luka yang membekas dan sulit hilang, meskipun keduanya memutuskan untuk tetap bersama. Seperti dikutip dari Independent, selingkuh bisa merusak kepercayaan pasangan untuk seterusnya dan memicu sulitnya mereka membangun kejujuran dalam hubungan.


Gisel-Gading Mesra Tapi Cerai, Ini yang Sering Bikin Pasangan BerpisahIlustrasi pasangan bertengkar. Foto: Thinkstock

3. Gairah Seksual yang Tak Sinkron
Masalah seks bisa jadi pemicu keretakan rumah tangga. Banyak pria yang lebih menginginkan seks ketimbang wanita dan jika pasangan sering kali mengalami perbedaan dalam hal gairah seksual, maka bisa jadi penyebab perceraian.

4. Campur Tangan Mertua
Jika orangtua selalu mencampuri urusan rumah tangga dan salah satu pihak dari pasangan terlalu mengikutinya, maka bisa membuat pernikahan lebih rentan perceraian. Contohnyasaja, apabila suami/istri terlalu banyak meminta saran atau curhat pada orangtua, bisa merusak keintiman dari hubungan pernikahan.
Gisel-Gading Mesra Tapi Cerai, Ini yang Sering Bikin Pasangan BerpisahIlustrasi pasangan bertengkar. Foto: Thinkstock

5. Berbeda Cara Menyelesaikan Konflik
Ada orang yang dibesarkan dalam keluarga di mana perdebatan sudah jadi hal biasa, ada pula yang tidak suka berargumen dan lebih memilih pergi atau butuh waktu untuk sendiri. Ketika dua orang dengan perbedaan kebiasaan itu berada dalam pernikahan dan terjadi konflik, maka lebih rentan bagi mereka untuk bercerai.

6. Berbeda Cara Komunikasi
Riset yang dilakukan situs Your Tango mengungkapkan bahwa penyebab nomor satu pasangan bercerai adalah masalah komunikasi. Riset yang melibatkan 100 ahli kesehatan mental ini menunjukkan 65 persen orang menyebut komunikasi jadi penyebab paling banyak pasangan memutuskan berpisah.

Masalah komunikasi paling umum adalah seringnya wanita mengeluh atau mengomel (70 persen), suami atau istri kurang ekspresif mengapresiasi apa yang telah dilakukan pasangannya (60 persen), wanita merasa kurang dihargai pendapat dan perasaannya (80%), dan wanita menganggap pasangan mereka tidak mau mendengarkan atau terlalu banyak membicarakan diri mereka sendiri (56%).
7. Perbedaan Prinsip dan Perilaku
Hasil penelitian yang dilakukan Co-operative Legal Service menunjukkan, pasangan masa kini bercerai karena perbedaan prinsip dan perilaku atau tindakan yang tidak beralasan. Alasan yang membuat pasangan memilih pisah itu semakin meningkat 40 tahun belakangan.

Contoh perbedaan prinsip dan perilaku tidak beralasan yang diungkapkan pasangan pada pengacara mereka cukup bervariasi. Seperti dilansir Guardian, di antaranya suami yang kurang gaul membuat istrinya merasa bersalah ketika sang istri ingin pergi bersama teman-teman wanitanya, ada juga istri yang mengambil semua uang suami, kemudian membakarnya. (hst/eny)