5 Aturan Bermedia Sosial Setelah Putus dengan Mantan Kekasih

Silmia Putri - wolipop Sabtu, 17 Nov 2018 10:20 WIB
Lima aturan bermedia sosial setelah putus dengan mantan kekasih. Foto: Thinkstock Lima aturan bermedia sosial setelah putus dengan mantan kekasih. Foto: Thinkstock

Jakarta - Menjalin hubungan di era internet ini menjadi lebih kompleks. Putus hubungan tak berarti benar-benar bisa menjauh. Bisa saja secara fisik takkan bertemu lagi. Tapi, bagaimana jika masih dalam satu grup Whatsapp yang sama? Haruskah keluar dari grup? Haruskah unfollow mantan di media sosial?

Permasalahan hubungan percintaan masa kini memang berbeda dengan zaman dulu. Dilansir The Guardian, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah putus dengan mantan khususnya dalam bersosial media.

1. Haruskan Unfriend Akun Media Sosial Mantan?

Ada berbagai kondisi yang membuat kamu tak harus unfriend akun mantan kekasih di media sosial. Foto: Thinkstock

Tidak bisa dipungkiri, melihat foto mantan di timeline Instagram bisa membuat rasa rindu melanda. Apalagi, jika si dia yang memutuskan hubungan. Tak jarang seseorang gagal 'move on' karena 'kepo' dengan postingan mantan.

Menurut seorang konselor bernama Peter Saddington, menarik diri sepenuhnya dari medsos sebenarnya tak usah dilakukan. Kamu bisa memilih fitur 'unfollow post' di facebook mantan atau 'mute post' di Instagram agar tak melihat postingan mantanmu untuk sementara. Fitur tersebut akan membuatmu tidak bisa melihat postingan mantan, tanpa harus mem-block akun mereka.


2. Unfollow Jika Mantan Pacar Pernah Melakukan Kekerasan
Unfollow akun mantan kekasih jika terjadi kekerasan saat pacaran. Foto: Carl Court/Getty Images

Jika mantan kekasih pernah melakukan kekerasan padamu, sebaiknya block akunnya. Hal ini hanya berlaku jika dia benar-benar sudah menyakitimu atau keluargamu.

3. Bolehkah Like Postingan Mantan?
Ada lima aturan bermedia sosial setelah putus cinta. Salah satunya bolehkan like postingan mantan? Foto: Thinkstock

Ini tak kalah membingungkan. Ingin menekan tombol like postingan mantan saja, rasanya galau. Menurut Peter Saddington, memang tidak ada salahnya melakukan hal itu tapi ada baiknya untuk dihindari saja. Takutnya mantan pacar memiliki pikiran yang berbeda.

Namun, jika hubunganmu dengan mantan pacar sudah berteman baik sebelum pacaran, me-like postingan sang mantan di Instagram itu sah-sah saja. Mengembalikan hubungan baik itu ide yang baik.

4. Bolehkah Curhat di Media Sosial tentang Patah Hati?
Curhat tentang patah hati di media sosial tidak disarankan. Foto: Getty Images

Media sosial juga sering dijadikan tempat curhat. Ada perasaan puas ketika orang-orang menghiburmu di kala sedih, atau sekedar mencurahkan sesuatu yang sulit kamu ceritakan kepada orang lain.

Namun, aturannya adalah tidak boleh. Media sosial adalah 'papan pengumuman'. Semua orang bisa melihat dan membacanya. "Ini bukan konsumsi publik, hindari jika kamu bisa," tutur Peter.



5. Masih Satu Grup Whatsapp dengan Mantan, Harus Bagaimana?
Aturan bermedia sosial dengan mantan kekasih, haruskah keluar dari grup Whatsapp? Foto: screenshot WhatsApp

Keadaan 'awkward' lainnya adalah ketika kamu masih satu grup Whatsapp dengan mantan. Menurut Peter, jika memang itu membuatmu susah move on atau terganggu, tidak apa-apa keluar dari grup itu.

Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, kirim pesan langsung kepada teman-temanmu (japri). Katakan pada mereka, jika ada urusan penting lebih baik langsung menghubungimu.
(sil/hst)