Ini Alasan Berat Badan Sering Naik Saat Baru Pacaran atau Menikah

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 31 Okt 2018 09:11 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bukan rahasia lagi jika hubungan percintaan sering membuat orang naik berat badan. Banyak orang beranggapan jika hal itu dikarenakan meningkatnya rasa bahagia setelah bertemu orang yang didamba. Namun alasan berat badan naik saat memulai hubungan asmara bukan hanya itu saja. Sebuah penelitian terbaru pun berusaha mengungkapnya.

Sebuah penelitian dilakukn OnePoll mengungkap mengapa kebanyakan orang mengalami kenaikan berat badan setelah memulai hubungan asmara, baik itu pacaran atau menikah. Prialah yang cenderung lebih mudah gemuk dari pada wanita di awal percintaan. Salah satu alasan utamanya adalah karena mereka lebih sering makan bersama atau mencoba restoran baru.

Tak hanya itu, sudah punya pasangan juga membuat orang-orang lebih nyaman dengan diri sendiri. Dengan begitu, mereka tak perlu lagi menjaga penampilan karena sudah menemukan kekasih. Salah satu faktor lain adalah mereka jadi kurang beraktivitas setelah membangun hubungan.

Baca Juga: 'Diet Patah Hati', Rata-rata Wanita Turun Berat Badan 2 Kg Sebulan

Berbicara mengenai kenyamanan, dikatakan jika biasanya sepasang kekasih atau pasangan menikah mulai berada di zona nyaman setelah setahun lima bulan. Namun untuk orang-orang muda berusia 18 hingga 24, mereka hanya butuh 10 bulan. Setelah nyaman dengan pasangan masing-masing, kebanyakan orang akan lebih santai terkait penampilan tubuhnya.

Berdasarkan riset, 57% orang yang menikah naik berat badan hingga tujuh kilogram di tahun pertama. Untuk pria, mereka bisa naik lebih banyak yakni hingga sembilan kilogram. Salah satu alasan utamanya juga karena mereka tak lagi mementingkan penampilan.

Menariknya, ada pasangan yang lebih gemuk setelah memulai hubungan namun tak sedikit yang justru jadi diet dan kehilangan berat badan. Beberapa faktor yang membuat pasangan demikian adalah karena busana tak lagi muat, merasa kurang sehat, hingga merasa tidak terlihat bagus dalam foto.

Baca Juga: Wanita Lebih Takut Berat Badan Naik Ketimbang Diputuskan Pacar

Punya pasangan ternyata juga baik untuk Anda yang ingin lebih sehat dan menyusutkan bobot tubuh. Apalagi jika keduanya punya tujuan yang sama. Menurut riset, 52% responden sering olahraga bersama dengan pasangan, 60% berkomitmen untuk makan lebih sehat, sedangkan 40% melakukan keduanya.

Menurut penelitian, hal tersebut menguntungkan pasangan karena mereka bisa turun berat badan dua kali lipat. Mereka juga bisa lebih bahagia dari pasangan yang tidak olahraga dan makan sehat.

"Ada sisi negatif dari kenaikan berat badan dalam jangka panjang, seperti tekanan darah tinggi, gangguan tidur, diabetes tipe dua, penyakit hati, tipe kanker tertentu, dan lainnya. Tapi dengan melakukan kebiasaan sehat dari awal dalam hubungan, pasangan bisa mencegah masalah-masalah ini sambil membangun fondasi kuat untukkesehatandankubagaran," kata Dr.PamelaPeekedilansirDailymail.




Tonton juga 'Cara Mengukur Berat Badan Ideal':

[Gambas:Video 20detik]

(ami/ami)