5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jatuh Cinta

Hestianingsih - wolipop Selasa, 30 Okt 2018 08:34 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Seperti apa rasanya jatuh cinta? Sampai saat ini sepertinya belum ada yang bisa menggambarkan itu. Tapi menurut penelitian, efek jatuh cinta bisa dijelaskan secara ilmiah. Ini lima hal yang terjadi pada tubuh ketika kamu jatuh cinta, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Rasa Sakit Berkurang
5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jatuh CintaFoto: thinkstock

Studi yang dilakukan Stanford University membuktikan bahwa jatuh cinta bisa membantu kamu lebih bisa menahan rasa sakit. Dalam penelitian tersebut, sejumlah responden diperlihatkan foto kekasihnya, sementara kelompok responden lain hanya melihat foto salah satu kenalan mereka.

Eksperimen itu menunjukkan bahwa melihat foto atau sosok kekasih maupun suami memiliki efek analgesik alias meringankan rasa sakit. Sakit dengan tingkatan sedang berkurang hingga 40 persen pada mereka yang diperlihatkan foto orang tercinta. Sementara rasa sakit yang cenderung tinggi berkurang 15 persen.

2. Sakit Kepala Mereda
5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jatuh CintaFoto: Istock

Saat seseorang jatuh cinta, otak akan melepaskan oksitosin, 'hormon cinta' yang memicu rasa bahagia. Hasil penelitian dari Universitas Johns Hopkins menemukan, perasaan cinta yang timbul membuat tubuh kita menghasilkan lebih dari 200 persen endorfin.

Endorfin merupakan zat yang bisa menghasilkan perasaan menyenangkan. Dari studi tersebut juga ditemukan bahwa, zat ini merupakan obat alami sakit kepala. Sebuah hasil penelitian lain mengatakan hormon endorfin dan adrenalin lebih efektif 10 kali lipat ketimbang valium, yang selama ini digunakan sebagai obat penghilang sakit kepala.


3. Gugup dan Pusing
5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jatuh CintaFoto: thinkstock

Pelepasan norepinefrin, dopamin dan kortisol mengalirkan darah dari usus dan memberikan efek mual dan rasa gugup ketika bertemu orang yang dicintai. Orang yang sedang jatuh cinta biasanya mengalami gejala telapak tangan berkeringat, mulut kering, peningkatan denyut jantung dan pusing saat melihat cahaya terang.


4. Susah Tidur
5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jatuh CintaFoto: ilustrasi/thinkstock

Saat jatuh cinta, tak jarang orang akan mengalami sulit tidur. Hal ini dikarenakan produksi hormon dopamin dan norepinefrin yang terlalu banyak. Itulah sebabnya orang yang jatuh cinta memiliki banyak energi, tidak bisa tidur selama berhari-hari dan wajah jadi merah merona.

5. Rasa Bahagia yang Membuncah
5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Jatuh CintaFoto: Thinkstock

Journal of Neurophysiology menjelaskan, rasa cinta mengaktifkan daerah dopamin tertentu dalam otak. Daerah ini berhubungan langsung dengan perasaan bahagia, kecanduan, keinginan dan euforia kegembiraan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan melihat orang yang kita cintai, memengaruhi cara kerja beberapa area tertentu di otak sehingga membuat orang bahagia ketika mereka bertemu dengan orang yang disayangi.




Tonton juga 'Jatuh Cinta kok Berjuta Rasanya?':

[Gambas:Video 20detik]

(hst/hst)