Menurut Survei Tinder, Milenial Bangga Berstatus Jomblo

Alissa Safiera - wolipop Selasa, 09 Okt 2018 19:32 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Sebuah survei terbaru yang dirilis Tinder menyebutkan bila berstatus single adalah hal baru yang dianggap keren sekarang ini. Survei dibuat oleh firma konsultan Morar HPI, kepada 1.000 remaja berusia 18-25 tahun tentang sikap mereka ketika lajang dan sedang memiliki status.

Hasilnya pun menarik, para milenial ternyata senang dengan status lajang mereka. Tinder bahkan sekarang mempromosikan bila mereka yang berstatus lajang adalah aspiratif dan memiliki jiwa petualang.

72 persen dari mereka yang disurvei mengatakan mereka telah membuat keputusan secara sadar untuk tetap berstatus lajang "dalam jangka waktu tertentu." Tidak hanya itu, 81 persen responden juga setuju bahwa berstatus lajang memberi mereka manfaat "di luar kehidupan romantis mereka." Lebih banyak ruang untuk berkembang di tempat kerja, pertemanan platonis, dan kesehatan.

Baca juga: Makin Banyak Orang Cari Kencan di Tinder Gara-gara Piala Dunia 2018

Survei juga mengungkapkan data menarik tentang wanita lajang pada khususnya. Hasilnya menunjukkan, bahwa sekitar 25 persen wanita mengatakan mereka lebih merasa diberdayakan ketika tidak berada dalam suatu hubungan, sementara hanya 17 persen pria yang setuju.

62 persen wanita yang disurvei mengatakan mereka telah membuat keputusan sadar untuk menjadi lajang demi memprioritaskan kebutuhan mereka sendiri (dibandingkan dengan 47 persen pria). 47 persen wanita secara khusus mengatakan bahwa mereka memilih untuk melajang agar fokus belajar (dibandingkan dengan 34% pria). Lewat hasil survei, jelas bila wanita milenial kini semakin memprioritaskan kebutuhan mereka sendiri, jika dibandingkan dengan pria.

Baca juga: 10 Profesi Terpopuler yang Paling Banyak Dapat Swipe Kanan di Tinder

Ketika bicara tentang menjalani hubungan serius, milenial muda memiliki rencana untuk itu. Meski begitu, 55 persen hasil survei membuktikan bila mereka yang lajang memiliki hidup yang lebih menyenangkan dan terbuka akan pengalaman baru, dibanding mereka yang berada dalam hubungan.

Ketakutan bersama orang yang salah juga merupakan hal yang utama. Menurut survei, 61 persen wanita yang merasa tidak nyaman dengan hubungan jangka panjang. Mereka mengaku khawatir berhubungan serius dengan seseorang yang salah. Tak hanya takut, bosan dalam hubungan juga menjadi alasan bagi 39 persen responden untuk menjomblo.
(asf/asf)