Ramai #2019gantimertua, Survei: Mertua Paling Sering Picu Cekcok Suami-Istri

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 04 Okt 2018 08:29 WIB
Foto: Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan (Hanif/detikHOT)
Jakarta - Di tengah kehebohan pengakuan Ratna Sarumpaet, muncul tagar #2019gantimertua untuk menyindir sang aktivis yang bermantukan aktor Rio Dewanto itu. Namun nyatanya, ibu mertua memang menjadi pemicu utama konflik dalam rumah tangga.

Hal itu berdasarkan hasil sebuah survei terhadap pasangan di Inggris pada 2011. Dari survei yang diikuti 2.000 repsonden itu, terungkap mertua khususnya perempuan, menjadi salah satu penyebab konflik utama dalam rumah tangga mereka. Dikabarkan Daily Mail, konfliknya bermacam-macam, mulai dari campur tangan mertua pada masalah rumah tangga sampai ketidakcocokan sifat dengan sang mertua.

Baca Juga: Seperti Ratna Sarumpaet, Ini Operasi Plastik Favorit Orang Indonesia

Aktor Rio Dewanto dan istrinya, Atiqah Hasiholan, putri dari Ratna Sarumpaet.Aktor Rio Dewanto dan istrinya, Atiqah Hasiholan, putri dari Ratna Sarumpaet. Muncul #2019gantimertua di tengah polemik Ratna Sarumpaet. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Selain tentang ibu mertua, konflik yang paling sering terjadi dipicu oleh masalah pembagian tugas rumah tangga. Konflik tentang tugas rumah tangga lebih sering terjadi ketimbang pertengkaran yang berhubungan dengan pasangan itu sendiri.

Sementara itu, mertua sebagai penyebab prahara rumah tangga juga dikuatkan hasil riset pada 2012 yang dilakukan seorang psikolog keluarga bernama Terri Orburch. Ia meneliti 373 pasangan yang menikah pada 1986.

Baca Juga: Foto Before-After Ratna Sarumpaet yang Operasi Sedot Lemak Pipi

Ratna Sarumpaet, ibu mertua Rio Dewanto.Ratna Sarumpaet, ibu mertua Rio Dewanto. (Foto: Agung Pambudhy/detiknews)
Setelah 26 tahun, Terri menemukan bahwa risiko pasangan bercerai menurun sekitar 20 persen saat anak mantu pria terlalu dekat dengan mertuanya. Sebaliknya, angka meningkat 20 persen saat menantu perempuan terlalu akrab dengan sang mertua. Demikian CNN mengabarkan.

Seperti diketahui, Rio Dewanto beristrikan aktris Atiqah Hasiholan, putri dari Ratna Sarumpaet. Sejoli ini telah dikaruniai seorang putri. Ratna belakangan menjadi sorotan setelah mengaku berbohong tentang dirinya sebagai korban aniaya sehingga menyebabkan lebam di wajah. Padahal, lebam tersebut adalah efek samping dari operasi plastik. (dtg/dtg)