Menurut Penelitian, Ini 5 Tanda Kamu Benar-benar Sedang Jatuh Cinta

Hestianingsih, Alisa Kintan - wolipop Minggu, 15 Apr 2018 08:06 WIB
Ilustrasi pasangan yang sedang jatuh cinta. Foto: Thinkstock Ilustrasi pasangan yang sedang jatuh cinta. Foto: Thinkstock

Jakarta - Bagaimana rasanya jatuh cinta? Selama ini belum ada definisi yang benar-benar tepat untuk menjelaskannya. Tapi kamu bisa mengacu pada hasil penelitian berikut ini. Menurut para ilmuan yang telah melakukan sejumlah penelitian ilmiah, ada lima tanda kalau kamu benar-benar jatuh cinta pada pasangan.

1. Nyaman Bersikap Terbuka Satu Sama Lain
Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Lopez & Rice pada 2006, pasangan yang saling jujur satu sama lain akan merasa lebih puas dan senang ketimbang pasangan yang tidak terbuka atau selalu menyembunyikan berbagai hal. Jika kamu sudah bercerita banyak mengenai dirimu yang sebenarnya dan pasanganmu tidak keberatan dengan hal tersebut serta mencintaimu apa adanya, itu berarti kamu berdua benar-benar saling cinta.

2. Merasa Positif Setelah Interaksi Fisik
Ini khusus pasangan suami-istri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti di 2017, seks, jika dilakukan bukan sekadar untuk memuaskan hasrat atau kontak fisik saja, akan membawa dampak positif pada pasangan suami-istri. Hubungan seksual seharusnya jadi cara bagi pasangan untuk menguatkan kedekatan secara emosional. Jika Anda merasa positif setelah berhubungan seks atau melakukan interaksi fisik lainnya seperti berpelukan atau bergandengan tangan, dan jadi makin dekat satu sama lain, maka itu merupakan tanda Anda dan suami/istri saling jatuh cinta.

Menurut Penelitian, Ini 5 Tanda Kamu Benar-benar Sedang Jatuh CintaIlustrasi pasangan yang sedang jatuh cinta. Foto: Thinkstock

3. Tetap Memilih Pasangan Meskipun Ada Banyak Orang yang Lebih Baik
Studi Miller di tahun 1997 menunjukkan jika seseorang masih saja mencari pasangan yang lebih baik padahal ia sedang menjalin sebuah hubungan, itu berarti mereka kurang berkomitmen. Jika dua individu saling cinta, mereka pasti tidak akan pernah meninggalkan pasangannya walaupun banyak tersedia 'pilihan' lain yang lebih baik.

4. Berani Mengambil Risiko Bersama Pasangan
Menurut penelitian yang dilakukan dua ilmuan Lopez dan Rice di 2006, berani mengambil risiko dengan pasangan akan menambahkan kekuatan hubungan Anda. Hasilnya, Anda akan merasa puas dan senang bersamanya. Saling tergantung satu sama lain dalam sebuah kondisi yang berisiko akan membuat Anda dan si dia jadi pasangan yang kuat.
Menurut Penelitian, Ini 5 Tanda Kamu Benar-benar Sedang Jatuh CintaIlustrasi pasangan yang sedang jatuh cinta. Foto: Thinkstock

5. Selalu Mencoba Membuat Hidup Lebih Mudah untuk Pasangan
Sesuai hasil riset yang dihasilkan oleh Fehr, Harasymchuk, & Sprecher di 2014, setiap orang yang memprioritaskan kepentingan pasangan dibandingkan diri sendiri, maka hal tersebut dikatakan dapat membuat hubungan lebih tahan lama. Cinta berarti peduli serta bertumbuh bersama pasangan. Kalau keduanya saling sayang serta saling berusaha memudahkan hidup satu sama lain. Dengan catatan, jika usaha itu bersifat mutual. Bukan salah satu pihak yang lebih banyak berkorban untuk pihak lainnya.
(hst/hst)