Milenial Perlu Tahu, 5 Istilah Percintaan Zaman Now

Hestianingsih, Alisa Kintan - wolipop Sabtu, 17 Feb 2018 21:07 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Istilah-istilah percintaan kini tak lagi hanya CLBK (cinta lama bersemi kembali), TTM (teman tapi mesra), PDKT (pendekatan), jomblo atau friendzone. Sekarang ini muncul istilah baru untuk mengungkapkan sebuah hubungan maupun fenomena di dunia percintaan.

Milenial, kamu perlu tahu berbagai istilah percintaan yang kekinian ini agar tak gampang kena tipu daya. Simak enam istilah percintaan baru, seperti dikutip dari Your Tango.

1. Ghosting

Foto: thinkstock

Biasanya terjadi dalam perkencanan. Setelah ratusan teks mesra, puluhan telepon dan pertemuan romantis, tiba-tiba saja dia menghilang dan berhenti menjalin komunikasi seolah ditelan bumi. Ghosting biasanya dilakukan saat seseorang tidak ingin lagi berkencan dan sengaja menghilang tanpa kejelasan, dengan harapan teman kencannya sadar sendiri kalau dirinya sudah tidak tertarik.

Banyak yang beralasan kalau ghosting mencegah seseorang tersakiti karena hubungan yang tidak cocok. Tapi sering kali ghosting menimbulkan kebingungan di pihak lain karena tidak adanya kejelasan.

2. Phubbing
Foto: GettyImages/Andreas Rentz

Phubbing adalah gabungan dari kata 'phone' dan 'snubbing'. Biasa digunakan untuk menyebut perilaku tak acuh seseorang dalam sebuah hubungan. Sikap menyebalkan ketika kamu mencoba berbicara dengan seseorang tapi mereka seolah tak peduli karena terlalu asyik dengan social media.

3. Breezing
Foto: ilustrasi/thinkstock

Kebalikan dari 'jual mahal', breezing lebih menekankan pada individu yang langsung to the point saat berkencan. Kalau memang dia suka, dia akan merespon secepat mungkin.

4. Gaslighting
Foto: Thinkstock

Bentuk kekerasan psikis yang dilakukan seseorang kepada pasangannya dengan memanipulasi agar kekasihnya tersebut meragukan dirinya sendiri. Korban bisa merasa cemas, depresi, bahkan mempertanyakan dirinya sendiri. Biasanya sering terjadi kepada wanita karena stigma bahwa wanita harus menuruti semua kemauan suami atau kekasihnya masih bergema, khususnya Indonesia.

Sering kali pelaku gaslighting sebenarnya tidak sadar kalau mereka telah memperlakukan pasangannya dengan tidak semestinya. Meskipun begitu, mereka sebaiknya tetap diingatkan agar bisa berperilaku lebih baik pada pasangannya.

5. EUM
Foto: Thinkstock

Singkatan dari Emotionally Unavailable Man, walaupun juga bisa berlaku pada wanita. Orang-orang seperti ini kebanyakan sudah mempunyai kekasih, menikah, baru saja putus atau bercerai, atau menjalani LDR. Dia menjalani hubungan lagi dengan orang lain, namun hati dan pikirannya tetap pada hubungan pertamanya sehingga secara emosional dia tidak ada untuk orang tersebut. Pihak ketiga ini pun jadi bertanya-tanya status dan masa depan hubungan mereka.
(hst/hst)