Benda yang Pertama Kali Terlihat di Gambar Ini Ungkap Ketakutan Terbesarmu

Hestianingsih - wolipop Selasa, 03 Okt 2017 19:44 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Disadari atau tidak, setiap orang punya ketakutan tertentu terhadap suatu hal. Ketakutan terhadap ketinggian, ruang gelap atau hewan buas merupakan sesuatu yang sifatnya jelas dan nyata.

Namun di sisi lain, manusia juga punya ketakutan terhadap hal yang abstrak dan tak kasat mata. Sering kali ketakutan tersebut tidak disadari diri sendiri.

Apa ketakutan terbesarmu? Lukisan karya seniman sureal Vladimir Kush bisa membantu menjawabnya. Perhatikan lukisan di bawah ini, benda yang pertama kali kamu lihat akan menggambarkan ketakutan terbesarmu di alam bawah sadar. Berikut analisanya seperti dikutip dari Tapoos.

1. Pisau
Jika pisau yang pertama kali kamu lihat dari lukisan ini, maka ketakutan alam bawah sadarmu berhubungan dengan penyakit. Tanpa disadari, kamu sangat takut akan menderita penyakit kronis. Ketakutan itu secara konstan menghantui, entah itu penyakit AIDS, HIV, kanker, atau kondisi kritis lainnya. Akibatnya kamu kerap kali menjalani hari-hari dengan perasaan yang tak tenang.

Ketakutan akan terkena penyakit parah bisa disebabkan karena kamu pernah kehilangan anggota keluarga atau orang tersayang sehingga menjadi trauma. Secara medis, kondisi ini disebut dengan Health Anxiety. Rasa sakit atau tidak nyaman sedikit saja pada tubuh akan membuat kamu panik dan mengira itu gangguan yang 10 kali lebih serius.

2. Apel
Apel adalah benda pertama yang terlihat, ketakutan alam bawah sadar kamu adalah kehilangan seseorang yang sangat dekat denganmu. Kondisi ini juga biasanya dipicu pengalaman pernah kehilangan seseorang yang sangat kamu sayangi di masa lalu. Ketakutan ini bisa diatasi dengan lebih banyak bermeditasi, melakukan Yoga atau melakukan kegiatan keagamaan.

3. Ulat Bulu

Ketakutan alam bawah sadarmu adalah sesuatu yang berhubungan dengan makhluk supernatural. Setiap orang mungkin takut akan makhluk tak kasat mata alias hantu, namun ada beberapa orang yang punya ketakutan berlebihan. Di dunia medis, kondisi ini disebut dengan Phasmophobia atau Spectrophobia.

Ketakutan ini biasanya muncul dalam bentuk kecemasan berlebihan. Misalnya merasa ada seseorang atau sesuatu yang selalu mengawasi, merasa ada sesuatu di samping ketika tidur atau bulu kuduk langsung merinding ketika mendengar suara berisik di malam hari. Saat mendengar suara-suara atau perasaan yang tak biasa, sebaiknya jangan panik karena apa yang kamu rasakan lebih karena mekanisme pertahanan tubuh yang sedang aktif.

4. Kupu-kupu
Apabila kupu-kupu yang terlihat pertama kali, besar kemungkinan kamu punya ketakutan akan pengkhianatan, atau mendapat penolakan dari seseorang yang sudah kamu suka sejak lama. Ketakutan tipe ini juga bisa berupa ditolak masuk ke universitas favorit, ditolak bekerja di tempat idaman, atau takut teman-teman merencanakan liburan tanpa kamu melibatkanmu.

Kondisi ini disebut dengan Pisanthrophobia, atau istilah kekiniannya FOMO (fear of missing out). Tak sedikit orang yang mengalami kondisi ini tapi tetap perlu diwaspadai kalau kamu sering merasakan satu atau dua tandanya. Pisanthrophobia bisa menjauhkanmu dari dunia sosial. Kamu enggan berkenalan atau bersosialisasi dengan orang lain dengan alasan takut akan disakiti, dikhianati atau ditinggalkan.

(hst/kik)