Menurut Studi, di Usia Ini Rata-rata Wanita dan Pria Bertemu Jodoh

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 10 Jun 2017 16:27 WIB
Usia Rata-rata wanita dan pria bertemu jodoh. Foto: Thinkstock
Jakarta - Orang bijak mengatakan jika jodoh akan datang di waktu yang tepat. Setiap orang juga punya perjalannya masing-masing sehingga waktu tersebut tidak bisa disamakan. Jika Anda belum juga mendapatkan pasangan yang tepat mungkin memang belum cukup umur untuk menemukannya. Menurut penelitian, umumnya orang bertemu jodoh di pertengahan atau akhir usia 20-an.

Waktu memang bisa jadi hal yang memusingkan dalam urusan percintaan. Selain dalam hal menemukan pasangan, orang juga sering memikirkan kapan waktu yang tepat untuk menyatakan perasaan, mengajak kencan, mencium, hingga mengatakan 'aku sayang kamu'. Karenanya, situs kencan Match mengadakan penelitian untuk mengetahui jawaban rata-rata orang atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Situs tersebut mewawancarai lebih dari 2.000 orang mengenai perjalanan cinta mereka, mulai dari kapan berteman di Facebook hingga punya anak. Menurut riset, terungkap jika rata-rata wanita menemukan jodoh mereka di usia 25. Sedangkan untuk pria, waktunya sedikit lebih lama yakni sekitar usia 28. Setengah dari responden pun mengatakan menemukannya di usia 20-an.

Selain mengungkap usia rata-rata wanita dan pria bertemu jodoh, penelitian itu juga menganalisa kapan biasanya mereka mengutarakan rasa cinta. Menurut survei tersebut, kebanyakan orang menunggu hingga lima bulan untuk mengatakan 'Aku cinta padamu' pertamakalinya. Di bulan kelima pula biasanya mereka mengumumkan hubungan melalui status di Facebook. Sedangkan untuk diperkenalkan ke keluarga masing-masing butuh waktu sekitar enam bulan.

Riset tersebut juga berusaha mengungkap jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kecil, seperti kapan harus pegang tangan pasangan. Menurut riset, kebanyakan orang menunggu hingga satu atau dua minggu. Menariknya, jika dalam hal berciuman, orang tidak menunggu hingga waktu tertentu namun melihat apakah mereka cocok sebagai pasangan.

Sementara, kebanyakan pasangan mulai bertengkar ketika sudah enam bulan perpacaran. Saat menginjak tahun pertama, umumnya sudah mulai ada pembicaraan serius mengenai masa depan. Sedangkan pertunangan akan terjadi setahun setelahnya, menikah dua tahun setelahnya, dan punya anak sekitar tiga sampai empat tahun kemudian.

Namun hasil penelitian ini tentu tidak bisa dijadikan patokan. Setiap orang punya waktunya masing-masing dalam mendapatkan jodoh sehingga Anda tak perlu khawatir atau membandingkan dengan orang lain. (ami/hst)